Selepas dari status saya sebagai seorang Marketing Communication dan Blogger, terkadang saya sulit mengatur waktu berpergian untuk membeli sebuah barang. Namun, dewasa ini saya bisa bernafas lega. Pasalnya, kaum urban seperti saya kian dimanjakan dengan kemudahan teknologi berbasis belanja online. Betapa ringkasnya saya bisa mengakses apa yang dibutuhkan hanya dengan sekali klik.


Teknologi teranyar ini memungkinkan kita untuk menghemat waktu. Di samping itu, diskon dan promo besar-besaran yang diberikan oleh setiap portal belanja online juga menjadi gimmick yang sangat menarik untuk konsumen. Serta kemudahan dari cara pembayaran baik melalui debit online, virtual account,  minimarket, transfer ATM, cicilan kartu kredit, maupun sistem COD yang dapat dilakukan tunai langsung ke kurir.

Menilik masa depan e commerce yang cerah tak dapat dipungkiri mampu mengubah struktur dunia usaha secara global. Dampaknya adalah perubahan besar akan pola pikir seseorang bahwa berbelanja tidak perlu ke mall. Jika melihat perkembangan yang begitu pesat, saya jadi teringat film kartun Doraemon. Ia hadir dari masa depan untuk memudahkan Nobita mendapatkan apa yang dia butuhkan.


Apresiasi E Commerce Lokal, Qlapa.com
Dari banyaknya e commerce yang bermunculan, saya harus mengapresiasi Qlapa. Ketika hampir dari semua e commerce dari negara asing menyerbu pasar Indonesia, Qlapa justru hadir menjadi wadah yang berkontribusi pada kerajinan lokal di Indonesia. Jika sudah begini, Qlapa tak hanya sekedar tempat melakukan jual beli, tetapi juga portal berkumpulnya komunitas.


Produk Handmade dengan Harga Bersaing
Marketplace ini menjajakan produk handmade yang langsung didapatkan dari para pengrajin asal Indonesia. Dengan begitu, harganya menjadi jauh lebih kompetitif. Keamanan dan kenyamanan berbelanja di Qlapa juga dilengkapi dengan produk-produk yang berspesifikasi tidak kalah dengan barang impor. Kategorinya pun luas, mulai dari kebutuhan rumah tangga, fashion, kecantikan, kuliner, hingga aksesoris gadget pun dapat Anda temukan di sini.


Saya percayakan perawatan tubuh saya pada produk yang alami karena tentu tidak menimbulkan efek samping ke depannya. Favorit saya adalah produk lulur atau homemade scrub herbal yang tentunya aman bagi kulit. Selain produk kecantikan, para penyimak mode juga harus berselancar ke kolom pakaian. Didominasi dengan motif batik, busana-busana tersebut dimodif dengan gaya yang moderen dan kekinian.

Satu lagi, zona unik yang sering saya kunjungi di Qlapa adalah ‘perayaan dan hadiah’. Di zona ini memungkinkan Anda untuk melakukan ‘custom’ barang sesuai dengan preferensi yang Anda inginkan. Tersedia pula hampers lengkap dengan kartu ucapan. Jika mencari aksesoris pesta, tenang, Qlapa juga menyediakannya di dalam kategori ini. Kalau Anda bingung, silakan klik ‘pilihan editor’ di bagian kanan kategori.


Kehadiran Qlapa disambut antusias karena berperan untuk melestarikan produk-produk lokal di tengah terpaan persaingan bisnis secara global. Maka dengan ini, Qlapa menjadi pelabuhan yang menyenangkan untuk berselancar di dunia digital. Sekaligus membantahkan asumsi bahwa barang impor selalu lebih berkualitas dibanding produk lokal.

Satu hal yang bisa saya note untuk deskripsi di atas adalah Qlapa punya andil yang kuat, terutama dari segi bisnis karena ia mempunyai kekuatan di UKM. Bukan hanya strategi promosi yang bisa di ke depankan. Bagi saya yang sangat mengelu-elukan industri kerajinan di tanah air, tentunya amat mendukung gebrakan yang diciptakan oleh Qlapa. Dan kabar baiknya, it actually works!

Categories: ,