Michuhol Korean Restaurant bertempat tidak jauh dari lobi Hotel Sunlake. Seolah mengakomodir perawakan restoran Korea pada umumnya, sapuhan warna cokelat berpadu dengan sematan furniture berbahan kayu jadi hal pertama yang saya amati. Sebuah atmosfer yang terasa menyemangati acara makan siang saya kala itu.


Seraya dengan ‘label’ namanya, pecinta makanan Asia dapat menikmati kreasi kuliner khas Korea di Michuhol Korean Restaurant. Jenis yang dihidangkan adalah masakan sederhana, mengacu pada makanan klasik di Korea, di antaranya:

Banchan : Kimchi
Menyebut Kimchi, tentu merupakan makanan yang konon wajib dipesan jika Anda berkunjung ke restoran Korea. Makanan yang terkenal akan rasa asam dan pedas ini juga menjadi jamuan pembuka saya di Michuhol. Sawi putih dan lobak yang menjadi bahan utama, terbumbui dengan sangat baik dan menghasilkan rasa sesuai ekspektasi.


Seafood Soup (Haemultang)
Ragam menu spesial dimulai dengan Seafood Soup atau sebutannya Haemultang. Sup ini berisi dari potongan tahu yang lembut, aneka olahan makanan laut, dan sayur-sayuran. Sementara kuahnya sendiri terasa gurih pedas menyegarkan, sedikit berminyak, dan sedap dinikmati ketika hangat. Nyam! Anda bisa memesan Haemultang ini dalam ukuran sedang atau besar sebagai menu sharing.


Sohun (Japchae)
Mengadaptasi menu olahan khas Korea, Japchae tak luput dari pesanan. Rasa manis yang menggelayuti menurut saya tidak berlebihan. Sementara tekstur kenyal dari mie sohun (Dang Myeon) sangat pas di lidah. Japhae pas dijadikan menu pendamping makanan utama.  Sebagai pelengkap, tak lupa potongan sayur dan daging bersemayam di dalamnya.


Beef Ribs (Saenggalbi)
Menurut saya, hidangan ini menjadi representasi sempurna yang menggiurkan baik pada indera penglihatan maupun pengecap. Kekuatannya berpusat pada resapan bumbu yang berkombinasi baik dengan daging iga sapi. Saenggalbi dipotong tipis agar lebih mudah mengunyahnya. Seperti layaknya di Korea, Saenggalbi dinikmati dalam bungkusan daun selada dengan menyertakan beberapa sayuran atau disebut dengan ssamba.


Pork Belly (Samgyupsal)
Semarak cita rasa hidangan khas Korea kian berlanjut dengan persembahan Pork Belly atau Samgyupsal. Makanan ini merupakan daging babi bagian perut yang berlemak dan cukup tebal. Agar lebih nikmat, Samgyupsal sudah terlebih dahulu dipanggang dengan bawang putih dan bawang Bombay. Seraya seperti bagian iga sapi, hidangan ini didampingi dengan daun selada dan aneka sayur-sayuran lain yang tersaji di atas meja.



Grilled Fish
Di samping itu, Anda juga dapat menikmati ikan bakar sebagai hidangan berikutnya. Jenis ikan yang saya nikmati ini punya duri yang cukup besar sehingga mudah untuk memakannya. Seakan melebur dengan daging, ikan bakar ini punya rasa gurih dan lezat yang memesona. Sementara itu, tekstur daging yang disajikan pun lembut dan pas dinikmati bersama dengan sepiring nasi hangat.


Cumi Pedas
Nah, kalau menu yang satu ini memiliki kombinasi cita rasa manis dan pedas beraroma khas. Bahan lainnya yang juga turut ada di hidangan ini antara lain paprika, wortel, jamur, dan bawang. Satu piringnya tersaji dalam porsi yang cukup besar. Dilumatkan dengan gochujang pedas atau pasta cabai merah, jadilah sepiring Ojingeo Bokkeum yang kaya akan rasa.


Mengkhususkan diri pada menu makanan khas Korea, nampaknya Michuhol Korean Restaurant harus mampu berimprovisasi dengan baik agar tidak tergerus kompetisi. Tidak hanya soal rasa, tetapi juga pemasaran. Dimana kita ketahui, banyak sekali di luar sana restoran Korea dengan ciri khas masing-masing. Bagi kami pecinta makanan Korea, tentu hal tersebut menguntungkan karena dengan begitu kami memiliki lebih banyak pilihan berkuliner.

Catatan :
Terima kasih Pergikuliner atas jamuan makan siangnya :)

Michuhol Korean Restaurant
Sunlake Hotel, Jl. Danau Permai Raya, Sunter
Jakarta
021 650 9969

Categories: