Kurang lengkap rasanya berlibur ke suatu tempat tetapi tidak mencicipi makanan khasnya. Sebagai destinasi wisata kelas internasional, Bali tentu punya beragam kuliner khas yang memanjakan. Tentu Anda tak ingin melewatkan Ayam Betutu dan olahan pork yang lezat di Bali, bukan? Ini dia 5 tempat di Bali yang pastinya akan memuaskan hasrat wisata kuliner Anda.

Warung Cahaya
Berdasarkan rekomendasi seorang teman, agenda pertama saya di Bali adalah menuju Warung Cahaya. Tempatnya belum banyak tersentuh oleh turis, hanya dari mulut ke mulut. Namun, tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Buktinya, saya datang di jam 1 siang, menu pork sudah habis terjual. Kemudian saya pun menikmati Ayam Goreng dengan bumbu matah yang rasanya cukup gurih dan nagih.
(Warung Cahaya, Jl. Dewi Ratih No.1, Kuta. 0852 0583 0136)


Wahaha Pork Ribs  
Wisata kuliner terus berlanjut hingga membawa saya ke sebuah restoran yang memang sudah familiar di Bali. Yap, Wahaha Pork Ribs. Sesuai dengan namanya, restoran ini punya sederet menu olahan pork yang menggugah selera. Jelas saja, saya pun langsung memesan Pork Ribs yang dibalut dengan BBQ sauce. Berkadar juicy yang mumpuni, Pork Ribs ini juga punya tekstur yang lembut.
(Wahaha Pork Ribs, Jl. Sunset Road Barat No. 1689, Seminyak. 0361 847 5655)


Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Jika ke Bali, jangan lupa untuk menyempatkan diri singgah di Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Agar lebih efisien, Anda bisa membeli ayam dengan porsi 1 ekor sebagai menu sharing. Sudah lengkap dengan kondimen kacang, kangkung, dan sambal matah. Selain itu, rumah makan ini juga menjual Nasi Campur Bali dan Bebek Betutu.
(Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Jl. Merdeka No. 88, Renon 0361 474 6029)


Warung Mak Beng
Mak Beng memadukan hidangan sup ikan dan ikan goreng dalam satu porsi. Untuk sup ikan, Mak Beng sangat detail meracik kuahnya sehingga terasa sangat gurih. Sementara Ikan Goreng hadir dengan kelembutan daging yang tiada tara. Selain itu, Anda juga bisa melihat wall of fame orang-orang terkenal yang pernah datang ke Mak Beng di sepanjang dindingnya loh.
(Warung Mak Beng, Jl. Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan. 0361 282 633)


Warung Bu Ridho
Destinasi kuliner kali ini datang dari Pulau Nusa Lembongan. Dalam perburuannya, saya menemukan sebuah rumah makan kecil yang menjual beragam hidangan khas Bali, salah satunya adalah Ayam Betutu. Walaupun berskala kecil, nampaknya cita rasa Ayam Betutu di Warung Bu Ridho bisa diadu dengan di restoran sekalipun. Ayamnya benar-benar tender serta sambal matahnya gurih dan pedas.
(Warung Bu Ridho, Nusa Lembongan, Dekat Dengan D'Camel Hotels Lembongan)


Kuliner Bali memang tak terbantahkan nikmatnya. Bagi saya, semua makanan yang saya nikmati punya ciri khasnya masing-masing. Demikian juga dengan 5 rekomendasi tempat yang saya ulas di atas. Semoga bermanfaat : )

Categories: