Tren kopi berbanding lurus dengan meningkatnya konsumsi kopi, membuat bisnis ini sangat prospektif. Areanya pun terus meluas, tidak terbatas di kawasan selatan, utara Jakarta pun seakan tak ingin ketinggalan. Ialah El Makko yang tepatnya berlokasi di Danau Indah Barat, Sunter. Walaupun berkapasitas minim, tak membuat El Makko kehabisan ide untuk ‘mendandani’ interiornya.


Jejeran sofa dan kursi ergonomis jadi elemen utamanya. Komponen seperti pajangan, mainan, boneka larva, kamera bernuansa ‘jadul’, tumbuh-tumbuhan, serta bantal yang berwarna-warni tak lepas jadi bagian dekorasi. Hal tersebut mampu menyuntikkan atmosfer yang chic bernuansa ceria. Pencahayaan pun diperhatikan detail oleh El Makko dimana tak dibutuhkan banyak pengaturan di kamera untuk mengabadikan momen di sana.





Sekedar menyesap kopi, saya pun memesan Latte. Basic espresso yang disuguhkan merupakan home blend andalan El Makko, yakni gabungan antara Timor dan Jambi. Anti mainstream memang, tapi hasilnya cukup memuaskan. Timor dengan katakter yang kompleks dan after taste clean, sementara Jambi melengkapinya dengan karakter body yang medium dan sweetness yang seimbang. Ah sayang, saya mengolahnya menjadi Latte.



Tak menyulutkan niat mencicipi olahan kopi lainnya, sang Barista dengan baik hati memberikan saya complimentary berupa kopi berjenis robusta yang diproses dengan teknik French Press. Ia menginstruksikan waktu 2 menit untuk ekstraksi guna menghasilkan karakter kopi terbaik. Benar saja, kopi ini memamerkan rasa yang strong dengam body yang cukup tebal.


Selain menu kopi, Hot Chocolate tak luput menjadi bagian yang dieksplorasi. Rasa cokelatnya sangat mendominasi berimbas pada aroma yang manis. Poin lain yang tak luput dari deskripsi adalah tingkat kekentalan yang sesuai ekspektasi. Satu seruputan seakan mampu memberikan efek yang menyenangkan.


Walaupun belum mengadakan grand opening, nampaknya El Makko sudah mulai digandrungi oleh para pecinta kopi, khususnya di wilayah utara Jakarta. Selain menyuguhkan aneka kopi yang berkualitas, El Makko juga menggabungkannya dengan unsur dekorasi yang homey. Bahkan ia juga menyediakan nintendo untuk para pengunjung bermain. What a good stuff! Jika berada tak jauh dari kawasan Sunter, saya pun berencana akan kembali mengunjunginya. Bagaimana dengan Anda?

El Makko Coffee
Jl. Danau Indah Barat, Blok A9 No. 5, Sunter
Jakarta
0817 000 7307

Categories: