Kali ini perburuan coffee shop membawa saya ke kawasan Jakarta Barat. Tuttonero namanya. Kesan pertama mengunjungi coffee shop ini adalah nuansa chic yang tergambar pada bagian eksterior Tuttonero. Bangunan ini tampak megah dengan gaya arsitektur yang meleburkan sisi klasik dan moderen.


Dominasi warna hitam dan cokelat memang cenderung membuat suasana terasa lebih hangat. Itu pula yang saya rasakan ketika menginjakkan kaki di Tuttonero. Untuk spot, ada beberapa sudut area yang bisa Anda pilih, sofa yang nyaman, kursi tinggi, bangku, atau gazebo yang memang paling diminati oleh pengunjung. Sesekali saya mengabadikan interior di Tuttonero sebagai dokumentasi. Nampaknya, Tuttonero berhasil dalam “mendandani” ruangannya agar nampak homey dan sophisticated.


Beralih ke beragam menu, Tuttonero menyediakan komoditi tak hanya kopi, tetapi juga pastry pendamping kopi dan makanan berat. Ini dia beberapa ulasannya.

Flat White
Secangkir Flat White mendarat cantik di meja tempat saya singgah. Bagian paling menarik adalah ketika mengidentifikasi rasa kopi yang mirip dengan Latte ini. Gambaran profil diseruputan pertama adalah milky yang mumpuni. Selanjutnya keseimbangan espresso dan susunya pas, tidak terlalu manis namun tetap mempertahankan acid dari espresso. Menyesapnya saja bisa membuat saya ketagihan.


Black Forest Latte
Memori Flat White yang masih melekat, digantikan oleh segelas Black Forest Latte. Minuman hasil replika dari cake bernama serupa ini menonjolkan rasa manis yang melekat cukup lama di indera pengecap. Chocolaty menjadi karakter yang paling menonjol. Buat saya, racikannya cukup menyenangkan untuk diseruput di malam hari.


Plain Croissant
Tanpa mengesampingkan menu pendamping kopi, tak ketinggalan saya pun memesan Plain Croissant. Gurihnya mentega menjadi pengantar yang baik pada perjumpaan pertama. Tak luput dengan renyahnya tekstur di bagian luar dikolaborasikan dengan kelembutan pada lapisan dalam. Selain Croissant, Tuttonero juga menjual aneka pastry lainnya seperti danish dan cake.


Bolognese Meatball
Pasta tentu sudah jadi menu mainstream yang dipesan di coffee shop. Itu juga yang saya lakukan di Tuttonero dan pilihan saya jatuh pada Bolognese Meatball. Menyesuaikan dengan lidah orang Asia, Spaghetti Bolognese pesanan saya mempunyai rasa manis yang lebih dominan ketimbang sour. Sementara mienya sendiri kenyal dan tersaji dalam porsi yang pas. Makanan ini semakin sempurna dengan meatball yang nampaknya dibuat homemade oleh Tuttonero.


Kira-kira itulah gambaran suasana di Tuttonero, baik interior maupun beragam menu yang disajikan. Walaupun terbilang pemain baru, menurut perspektif saya, Tuttonero akan menempatkan posisinya sebagai salah satu destinasi utama untuk hang out di daerah Jakarta Barat. Sebuah pertanyaan terbias di pikiran, apakah Anda sudah berencana untuk menyambangi Tuttonero ?


Tuttonero Coffee & Eat
Jl. Panjang No. 16, Kebon Jeruk
Jakarta Barat
021 2212 3480

Categories: