Makanan Timur Tengah terkenal dengan hidangan yang penuh lemak. Mengeksplorasi citarasanya, sudah pasti Anda akan terpikat dengan olahan bumbu khas yang dipadukan dengan kuah kental sebagai cocolan. Nyatanya, beberapa lidah Asia tidak bisa menerima limpahan bumbu yang terkesan mendominasi. Jika Anda setuju dengan pernyataan tersebut, ada baiknya Anda mengunjungi sebuah resto yang berlokasi di kawasan Taman Galaxy Bekasi untuk menikmati lezatnya masakan Timur tengah yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Ialah Arabian Nights Eatery.

Sebelum masuk ke konsep makanan, Arabian Nights Eatery  mengusung tema interior negeri 1001 malam dengan dominasi warna ungu. Aladin dan Jasmine tentu jadi dua tokoh utama yang muncul hampir di setiap sudut interior. Jika datang bersama keluarga, Anda bisa menempati area lesehan yang berada di lantai 2. Tempatnya cukup nyaman untuk bersantai sembari menikmati makanan Timur Tengah yang mumpuni.



Dimulai dari appetizer, yakni Samosa yang terbagi dari 2 isian, yakni daging cincang dan keju. Bagi saya menu pembuka ini cukup mengenyangkan apalagi jika Anda memesan daging sebagai isian. Benar-benar padat dan terdiri dari 100% daging tanpa tambahan bahan apapun. Saran saya, cicipi dulu Samosa ini tanpa cocolan saus sambal ya.

Selain Samosa, menu appetizer lainnya adalah Kibbeh atau Kibbe. Makanan khas Lebanon ini sebenarnya terbuat dari daging domba, namun di Arabian Night Kibbeh dimodifikasi dengan potongan daging sapi giling yang dibentuk menyerupai kroket. Rasa gurih dan manis bercampur menjadi satu di mulut.


Masuk ke makanan utama, ada 3 jenis masakan khas yang bisa Anda pesan, sebut saja Nasi Kebuli, Nasi Mandhi, dan Nasi Biryani. Sekilas ketiganya memang susah dibedakan karena sama-sama dibuat dari basmati (beras asal India yang memiliki bentuk lebih pipih dibanding beras di Indonesia). Namun ketika disandingkan bersamaan, terlihat perbedaan warna yang samar-samar. Dari urutan warna, Nasi Kebuli terlihat lebih terang, menyusul berikutnya nasi Mandhi, dan kemudian Nasi Biryani.

Untuk urusan bumbu, Nasi Kebuli diolah bersamaan dengan kaldu kambing dan minyak samin. Tak lupa irisan kismis pun disertakan dan biasanya dicampur dengan kurma sebagai taburan. Sementara untuk Nasi Mandhi memiliki aroma arang yang meresap hingga ke bagian dalam nasi. Sebagai ciri khas, tambahan capulaga yang kuat memberikan sensasi yang menggairahkan. Last but not least, ada Nasi Biryani memiliki rasa gurih dengan sajian daging kambing.


Kesampingkan dulu soal makanan utama, kali ini saya akan membahas persembahan dessert yang tak kalah menarik untuk dideskripsikan. Ada saja momen dimana lidah dimanjakan dengan olahan yang khas di Arabian Night. Seperti menu yang saya cicipi ini, yakni Roti Maryam yang dikombinasikan dengan es krim dan bubuhan buah strawberry.


Menu dessert lain yang tak boleh ketinggalan adalah Qatayef atau biasa ditulis dengan Katayef. Sajian pencuci mulut ini berdominasi rasa manis karena adonan utamanya sudah dicelup dengan sirup gula sebelum diolah. Ketika hadir di atas meja, pertanyaan pun muncul seputar menu ini. Jika ditilik, menu yang satu ini mirip dengan pancake, hanya saja bentuknya yang dibuat menyerupai pastel. Agar lebih nikmat, menu ini terdiri dari dua pilihan isi, yakni keju atau dengan rasa spesial yang meliputi cinnamon, kacang-kacangan, dan kismis.



Beralih ke pembahasan minuman, jangan lewatkan sajian smoothies dan mocktail yang digadang-gadang jadi rekomendasi menu di sini. Sensasi menyegarkan dari dua minuman ini mengiringi hampir di setiap seruputan. Dijamin mampu menyempurnakan pengalaman Anda menyantap olahan makanan Timur Tengah yang sudah diadaptasikan dengan selera Asia di Arabian Nights Eatery.

Arabian Nights Eatery
Ruko Grand Galaxy City, Blok AR1 No. 52
Bekasi
021 8273 2605

Categories: