Berlabuh ke kawasan Mega Kuningan, membawa perjalanan saya ke sebuah restoran yang baru saja meresmikan cabang keduanya di gedung BTPN. Ialah Sulawesi yang outlet sebelumnya happening di kawasan Kemang. Dilihat dari segi interior, tak ada perbedaan yang mencolok dari keduanya, yakni sama-sama menggunakan furniture kayu sebagai dasar elemen. Bagi Anda yang menginginkan suasana private, Sulawesi juga menyediakan ruangan VIP yang mumpuni.


Mengukuhkan diri dalam olahan seafood khas Makassar, Sulawesi mengakomodasi beragam jenis makanan laut, mulai dari ikan, kepiting, lobster, cumi, udang, kerang, dan beberapa kudapan tradisional lain khas Makassar tentunya. Untuk itu, saya ingin berbagi pengalaman santap siang saya di Sulawesi kepada Anda.

Sukang Rica Parape Mix
Sukang merupakan rekomendasi sang waiter di awal perjumpaan. Pria ramah tersebut menjelaskan bahwa sukang termasuk jenis ikan yang paling sering dipesan di Sulawesi. Saya pun tergugah untuk mencicipi ikan yang tersaji dalam porsi besar terseebut. 

Tekstur ikan lembut diselimuti kombinasi bumbu rica-rica dan parape benar-benar melekat diingatan. Menurut saya, bumbu rica-rica punya karakter yang super pedas. Saya pun membutuhkan beberapa tegukan air untuk menetralisirnya. Kontras dengan rica-rica, bumbu parape justru mengeluarkan rasa manis dan aromanya sedap. Alhasil persilangan dua bumbu ini pun menciptakan cita rasa yang menggoda.


Udang Sitto Telor Asin Sulawesi
Penikmat makanan laut semakin dimanjakan dengan kehadiran Udang Sitto Telor Asin Sulawesi. Daging udang terbilang empuk dengan balutan bumbu telur asin yang memikat. Menu ini terdiri dari dua porsi, half dan reguler. Jika berniat untuk menjadikannya menu sharing ada baiknya Anda memesan porsi reguler yang terdiri dari ± 10 udang.



Kangkung Bawang Putih
Mengimbangi menu-menu sebelumnya, Kangkung Bawang Putih pun masuk daftar pesanan. Aromanya wangi dengan serapan bumbu yang kompleks. Another not to be missed! Mungkin perumpaan inilah yang paling tepat untuk mendeskripsikan Kangkung Bawang Putih khas resto Sulawesi ini.  


Nasi Goreng Ikan Asin
Menu lain yang tak lepas dari buruan pelanggan adalah Nasi Goreng Ikan Asin. Seorang teman ada yang bilang bahwa jika sebuah restoran punya sajian nasi goreng yang nikmat, maka keseluruhan menunya tentu akan mengikuti. Rasa-rasanya kicauan ini cukup masuk akal. Nasinya pulen dengan bubuhan ikan asin yang membuat karakternya semakin menyenangkan.


Es Pisang Ijo
Setelah puas menyantap hidangan utama, tak lengkap rasanya jika tidak menyertakan menu penutup dalam daftar pesanan. Es Pisang Ijo jadi pilihan yang tepat. Adonan pisang yang dibalut tepung berwarna hijau ini diproses dengan cara dikukus kemudian ditambah parutan es, bubur sumsum, dan sirup. Keberadaannya mampu menyulutkan kesegaran di lidah.


Pengalaman bersantap yang menyenangkan pun saya dapatkan di Sulawesi. Ketika semua komponen yang terangkum dengan baik, tentulah hasilnya menjadi suatu yang memanjakan konsumen. Sulawesi buka dari jam 11 siang hingga jam 11 malam. Jangan lupa untuk lakukan reservasi terlebih dahulu ya terutama di jam makan siang.

Menara BTPN
Podium 2 Zona B
Jakarta Selatan
021 5695 0327

Categories: