Sama seperti manusia, makanan juga memiliki karakter tersendiri yang membuatnya unik. Namun jika ditelusuri, makanan kesukaan sebenarnya ada kaitannya dengan karakter seseorang. Makanya ada pepatah yang menyebutkan “You are what you eat”. Kalau ditanya soal selera makanan, tentu saja saya akan cepat menjawab makanan Asia. Mengapa? Mungkin karena cita rasanya yang masih lekat dengan lidah Indonesia. Komposisinya tak jauh-jauh dari manis dan gurih.


Nah bagi penyuka makanan Asia, nampaknya Anda harus mengunjungi tempat makan all you can eat yang satu ini, namanya Kushiya Monogatari. Resto yang memiliki konsep deep fried ini mempunyai sederet variasi menu kushiage yang di Indonesia lekat dengan sebutan “sate”. Berbicara tentang varian yang terbilang lengkap, Kushiya Monogatari menyediakan menu mulai dari olahan seafood, daging, sayur-sayuran, buah, hingga Konyaku, Chikuwa, Spring Roll, Shiitake, Takoyaki, dan Taiyaki yang berisi kacang merah.

Karena kala itu merupakan kali pertama saya mengunjungi Kushiya Monogatari, saya pun dengan seksama mendengarkan penjelasan sang greeter mengenai proses memasak yang disarankan di sana. (Jika belum paham benar, di setiap meja telah tersedia informasi lengkap mengenai cara memasak). Di depan saya, terdapat deep fried khusus yang dengar-dengar diimpor langsung dari Jepang. Alat tersebut sudah diset pada suhu yang tepat untuk menggoreng, yakni sekitar 170oC. Sementara deep fried sendiri terbagi atas 2 sisi, yang masing-masing dianjurkan hanya menggoreng 5 kushiage.

Setelah penjelesan dari sang greeter selesai, ia memberikan dua buah mangkuk kecil berisi tempura flour dan bread crumb. Dan akhirnya tiba pada bagian favorit saya, HUNTING! Tak ada satu varian pun yang terlewatkan diproses ini. Dan yap! Semua jenis kushiage siap untuk dieksekusi. Seraya itu, 6 macam dipping sauce disediakan untuk pelengkap. Beberapa diantaranya, onion dressing, spicy tomato dressing, roasted sesame dressing, thousand island, tonkatsu sauce, dan yang terakhir mayonnaise.


Saatnya untuk proses pencelupan. Setelah digoreng sekitar 2 -3 menit, kemudian kushiage bisa diletakkan di tempat yang sudah disediakan, yakni berada di pinggir deep fryer. Bila saat proses penggorengan terjadi penyipratan minyak yang berlebih, Anda bisa menggunakan penutup khusus yang sudah disediakan. Jika serangkaian proses sudah selesai, mari kita makan!






Variannya tak hanya kushiage, ada pula section untuk salad bar, nasi goreng, miso soup, sushi, pasta, ayam goreng, kroket, dan ini dia favorit saya yakni section dessert. Tentu yang paling jadi incaran adalah Chocolate Fondue dimana pengunjung dapat menikmatinya bersama dengan Marshmallow dan kue sus. (Jujur saja section ini adalah yang paling sering saya hampiri).




Bagi epicurean seperti saya, surga di dunia itu ketika saya dihadapkan dengan banyak makanan di depan mata. Dan Kushiya Monogatari mampu mengakomodasinya dengan baik. Sekedar informasi, untuk menikmati makanan all you can eat ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 128.000 untuk orang dewasa dan Rp. 98.000 untuk anak-anak di hari biasa (90 menit). Sementara di hari libur, akan dikenakan biaya Rp. 148.000 untuk orang dewasa dan Rp. 98.000 untuk anak-anak (70 menit). Harga tersebut sudah termasuk minum (soft drink, jus, kopi, dan teh).

Kushiya Monogatari
Central Park, lantai Lower Ground
Jakarta Barat

Categories: