Jika saja saya tidak mengarahkan kaki ke kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, mungkin saja saya tidak akan menemukan Shiraku Soba di sana. Restoran berkonsep Soba ini kemudian menelisik keingintahuan saya akan karakteristik yang ditonjolkan. Bukan karena nama besar grup yang diusungnya, tapi lebih kepada rasa asli Soba itu sendiri.


Identik dengan sajian Abura Soba, Anda akan disajikan semangkuk mie tanpa kuah. Sementara jika diartikan secara harfiah, di Jepang sendiri Abura berarti minyak. Kedatangan saya kala itu disambut dengan tiga makanan utama, Buta Tan Tan Soba, Gyuniku Teriyaki Soba, dan Tonkatsu Kare Soba, yang mana disebut-sebut best seller di sana. Untuk lebih lanjutnya, pembahasan akan dimulai dari sini ya.

Buta Tan Tan Soba
Soyu dan tan tan tare jadi dua pokok peran yang paling dominan di menu ini. Saus ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan cita rasa pedas. Tanpa mengintimidasi elemen lainnya, Buta Tan Tan tampak makin menggairahkan ketika daging pork bersentuhan dengan indera pengecap. Lembut jadi kata pertama yang saya ucapkan, terlebih lagi menu ini dipresentasikan secara sederhana namun tetap menggugah selera.


Gyuniku Teriyaki Soba
Belum sempat mengambil nafas lega setelah menikmati menu pertama, semangkuk soba dengan daging Grilled Sirloin Steak menjadi perburuan selanjutnya. Adalah Gyuniku Teriyaki Soba. Miso tare dan teriyaki sauce yang jadi basic rasa yang pertama kali terdeteksi oleh lidah. Sekedar catatan, miso tare sangat pas bagi Anda yang suka dengan preferensi rasa gurih.


Tonkatsu Kare Soba
Rasa penasaran seperti terus menghantui saya untuk menggali lagi menu di Shiraku Soba. Tonkatsu Kare Soba jadi menu berikut yang dieksekusi. Aroma kare yang semerbak ditambah tekstur kental yang begitu pas terasa sempurna di lidah. Karena saya termasuk pencinta kare, tanpa ragu saya langsung mencicipi menu ini. Juaranya tentu saja marinasi daging pork belly yang bertindak sebagai topping.


Pecinta masakan Jepang dijamin akan dimanjakan dengan ragam menu Soba di sini. Tapi bukan hanya menonjolkan menu olahan soba, di sini Anda juga bisa menikmati menu lain, seperti :

Chicken Karaage
Kebanyakan orang Indonesia sering kali melupakan menu pembuka. Mungkin karena porsinya yang minim dan tidak ‘nampol’ di perut. Tapi, hal itu tidak berlaku bagi saya. Ialah Chicken Karaage. Marinasi ayam yang dibalut dengan tepung ini disajikan dengan homemade mayonnaise khas Shiraku Soba. Teksturnya renyah sementara di bagian dalam cukup lembut dan matang merata.


Iced Matcha Nutella & Iced Matcha Avocado
Kemudian perburuan saya pun ditutup dengan Iced Matcha rasa Nutella dan Avocado. Sebagai informasi, minuman Iced Matcha ini atraktif disajikan dengan cookies yang berfungsi sebagai gelas. Menu ini mengingatkan saya akan Cookie Shot kreasi Dominique Ansel. Rasa manisnya stabil, baik Nutella maupun varian Avocado. Cita rasanya melapisi hampir seluruh lapisan rongga mulut yang lagi-lagi berhasil menggoyang lidah.



Perlu diakui, untuk urusan frekuensi kestabilan, Shiraku Soba memiliki tingkat akselerasi yang konsisten. Tentu saja, saya merekomendasikan Anda untuk menikmati olahan soba di sini. Untuk menambah cita rasa dari makanan, biasanya saya menambahkan soyu ke dalam racikan soba, karena sifat soyu itu sendiri mampu menambah selera makan.

Shiraku Soba
Ruko Elang Laut, Blok D No. 39, Pantai Indah Kapuk
Jakarta
021 2986 6563

Categories: