Kazan yang secara harfiah berarti gunung berapi ini mengimplementasikan sebagaimana letusan gunung berapi umumnya. Ide yang tidak biasa ini kemudian berhasil menarik perhatian saya. Mula-mula, kuah Ramen dituangkan ke dalam mangkuk panas berisi mie dan bahan-bahan lainnya kemudian ditutup dengan penutup berbentuk kerucut. Tak lama berselang, uap panas akan keluar dari bagian atas tutup, sehingga terciptalah 'letusan gunung berapi’ yang dimaksud.

Inilah dia Kazan Ramen, sebuah resto yang baru mengesahkan migrasi lokasinya ke Pantai Indah Kapuk ini seolah ingin menunjukkan proses pemasakan di depan pelanggan. Kazan Ramen ini telah lebih dulu meresmikan pembukaannya di Osaka, Jepang sebelum akhirnya menemukan Jakarta sebagai persinggahan kesekiannya. Didirikan sejak tahun 1966, Kazan Ramen membawa selera asli makanan Jepang disajikan dengan sedikit ‘gimik’ yang mampu membuat ledakan rasa di lidah Anda.


Silakan bersenang-senang dengan menu Chicken Kazan Karamiso. Di awal pertemuan, kuah kaldu yang mengepul terlihat sungguh menggairahkan. Seruputan kuah jadi incaran pertama. Kuahnya cukup stabil, tidak terlalu kental ataupun terlalu encer. Mengenai rasa, kadar gurih pedas khas Karamiso yang ditampilkan juga masih lekat di indera perasa. Selain kuah kaldu yang ‘nendang’, cerita lain datang dari sepotong daging ayam yang bersandar di tengah kepungan mie tebal. Bukan karena saya penggemar ayam, tapi lebih kepada karakter rasa yang coba mereka tampilkan. Bahkan cita rasanya terdeteksi hingga ke bagian dalam daging. Identik dengan penggunaan bumbu tauco yang sudah familiar.


Menu Kazan hadir dalam beberapa varian, selain Chicken Kazan Karamiso saya pun sempat memesan Kazan Shio, kali ini menyertakan pork dalam paduannya. Shio atau yang berarti asin garam punya preferensi rasa kuah yang lebih gurih dibanding Karamiso. Ini jelas tergamblang. Saat dcicipi, paduannya mampu membelai manja indera pengecap. Tak ketinggalan, potongan daging babi yang tebal jadi sorotan. Gejolak rasa yang disodorkan membuat saya terus menciduk kuah sampai semua kaldu tiris. 


Belum berakhir, saya kembali dimanjakan dengan dessert yang datang dari menu Matcha Shiratama. Masih merepresentatif gunung berapi, menu dessert ini masih menyertakan efek asap pada penyajiannya. Sang waitress akan membantu Anda dalam menuang air panas ke dalam lubang cerobong yang berada tepat di tengah wadah. Lalu yang terjadi selanjutnya adalah runtuhan es di sekeliling cerobong sampai akhirnya bisa untuk dinikmati. Selain tumpukan es, komponen lainnya yakni Mochi dan es krim. Sebagai penutup, segelas Watermelon Smoothie menggoda lewat sensasi segarnya.




Akhirnya, saya pun ingin memberi detail di akhir pembicaraan. Menu Kazan punya porsi yang sangat besar. Mungkin karena mereka berpatok pada istilah “Tak ada rasa puas dalam menikmati Ramen”. Tapi bagi Anda yang hanya punya ‘lumbung perut’ yang kecil, saran saya sharing jadi pilihan yang paling bijak. Satu yang saya yakini, pecinta ramen tradisional tentu akan dibuat berdecak kagum dengan karakteristik rasa Ramen di sini. Saya pun merekomendasikan Kazan Ramen kepada Anda. Itadakimasu*!

Kazan Ramen
Ruko Cordoba, Blok A, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk
Jakarta
021 2970 4981 ext:383

Categories: