Sebagai salah satu kebutuhan primer, dewasa ini pangan kiranya telah berubah fungsi. Subyeknya tak lagi meletakkan makanan dan minuman sebagai sekedar pengisi perut, bahkan telah dianggap sebagai tolok ukur gaya hidup seseorang. Dalam perkembangannya, seni kulineri terus diapresiasi baik oleh para penciptanya, terutama datang dari kalangan anak muda kreatif yang pintar mengambil peluang pasar. Maka tak heran, kalau dikuti mungkin akan ada 2 -3 kali pameran makanan setiap bulannya. Bahkan di bulan Februari saja, sudah ada 2 pameran food & beverage yang digelar, di antaranya Metropolis dan WTF Market.


Metropolis Market
Bertajuk Metropolis Market, pameran ini diselenggarakan selama 3 hari, mulai tanggal 5 hingga 8 Februari 2015 di The Space, Senayan City. Menggabungkan seni fashion dan kuliner, beberapa tenan food & beverage yang saya jumpai, antara lain :

Chic n Beer
Penggabungan seni memasak dengan minuman alkohol sah-sah saja terjadi di industri kuliner. Sebut saja pasta yang dicampur wine atau cake yang biasanya menggunakan rum sebagai penambah rasa. Nah, bagaimana jika ayam yang digoreng bersamaan dengan bir? Kreasi ini dapat Anda cicipi di Chic n Beer. 

Salah satu tenan yang terbilang baru ini mengaplikasikan bir sebagai salah satu bahan dasar. Karena sifat alami alkohol yang mudah menguap, tentu saja kandungannya tidak akan membuat Anda tipsy, justru akan membuat cita rasanya kian unik. Agar sensasinya makin kompleks, Chic n Beer juga menyediakan paket snack dan bir tentunya. I just love it.


InfiniTea
Di tengah kerumunan para food hunter, bubble tea jadi primadona kala tubuh butuh asupan penyegar. Ini dia pilihan saya, InfiniTea. Walaupun telah memiliki gerai tetap yang berlokasi di daerah Kelapa Gading, nampaknya InfiniTea juga memanfaatkan pameran sebagai salah satu wadah berpromosi. Varian yang saya cicipi adalah Passion Fruit. Selain melegakan dahaga, sentuhan bubble memberikan efek “kenyel” yang nyaman di mulut.


WTF Market
Beberapa waktu lalu, digelar pula pameran serupa. Bertempat di Tribeca Park, WTF Market hadir sebagai pameran food & beverage yang mengangkat tema "Valentine in Spring". Selama 5 hari, terhitung mulai tanggal 13 Februari hingga 17 Februari 2015, pengunjung akan dimanjakan dengan tenan-tenan unik, di antaranya:

Pota Peto
Ini dia booth pertama yang berhasil menarik perhatian saya, namanya Pota Peto. Tergambar dari pemberian namanya, Pota Peto menjual kentang goreng yang sayang untuk dilewatkan. Melirik kentang twisty (spiral) yang terpajang di depan booth, saya pun memutuskan untuk menggerayangi keunikan rasa yang dimilikinya.


Sesuai dengan dugaan, kentang ini memiliki tekstur yang sangat lembut, memudahkan saya untuk mengelilingi cita rasanya. Pergerakan ini berusaha menampilkan bukan hanya rasa, tetapi juga bentuk yang outstanding. Makanan ringan yang lebih dahulu populer di negara Korea ini dikemas dengan bumbu tabur beraneka rasa. Pilihannya antara lain balado, blackpepper, keju, BBQ, jagung, jamur, dan tomat. Beberapa parameter di antaranya rasa, bentuk, dan ciri khas tergambar kuat dalam brand Pota Peto. Kandungan alami pada kentang seolah memberikan saya energi untuk berkeliling berburu makanan unik lainnya. Let’s go!



Cream De La Cone
Es krim yang satu ini sudah wara-wiri di dunia maya sejak awal peluncurannya. Indikasinya apalagi kalau bukan bentuknya yang menarik untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Ialah Cream De La Cone yang kreasi dasarnya terbuat dari gelato, variasi es krim asal Italia. Karakternya cenderung creamy dan padat, karena sebagian besar kandungannya adalah susu.

Cookies and cream adalah pilihan rasa yang saya pilih. Manis, sementara sentuhan taburan cookies menghadirkan sensasi “krenyes yang lembut”. Sedangkan untuk cone, beberapa variannya antara lain honey star, choco rice cracker, corn flakes, fruit loops, dan pilihan saya jatuh pada white rice cracker dengan dominasi rasa manis yang menggoda. Sebuah cara sederhana untuk memanjakan diri yang menyenangkan.


Geyol
Implikasinya mirip dengan bubble tea, hanya saja Geyol hadir mengusung “minuman sehat” yang rendah lemak. Ingin sensasi yang menyegarkan, saya pun memesan rasa blueberry. Karena terbuat dari sari buah asli, kreasi minuman di Geyol ini menyimpan kompleksitas rasa yang seimbang, belum lagi khasiatnya yang mana blueberry mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. I want more!
 
 
Kegiatan pameran memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi pada masyarakat. Pada hakekatnya, pameran hadir sebagai ajang apresiasi mengembangkan industri kuliner yang mana secara spesifik sedang “in” di pasaran. Dalam konteks ini, preferensi dalam berkreasi menjadi hal dasar yang memacu produktivitas. So, what is the next trend?

Categories: