Jika ditarik mundur ke belakang, keberadaan dessert hanya dianggap sebagai pelengkap komposisi dalam sebuah rangkaian makanan. Laksana sebuah gaya hidup baru di kalangan anak muda, dewasa ini, pergerakannya kian dinamis. Menikmati makanan manis dan berkumpul bersama di suatu tempat santai, bagi mereka, arti dessert sudah menjadi terjemahan gaya sosial. Hal ini adalah contoh gambaran untuk mengindikasikan bahwa mayoritas konsumen muda di Indonesia senang mengikuti tren. 

Adalah Nomz Kitchen & Pastry, salah satu destinasi tempat nongkong yang sedang happening di Jakarta. Di awal kemunculannya, Nomz punya daya pikat yang mampu menjadi magnet, terutama saat ia menggaet Arnold Poernomo sebagai salah satu koki sekaligus 'penarik massa' dibalik kepopuleran nama Nomz. Belum lagi, restoran yang berlokasi di Grand Indonesia ini sempat mengundang Jokowi yang mana merupakan orang nomor satu di Indonesia. Penasaran dengan produk pastry yang diembannya, saya pun menyambangi resto yang juga menyertakan nama Kim Pangestu di bagian pastry.


Bila menu main course dirasa mengenyangkan, silakan memilih menu pastry yang tak kalah memikat. Urban Geisha misalnya. Jika Anda penyuka rasa green tea, mungkin sajian ini akan jadi pilihan favorit. Cake green tea disiram dengan vanilla mousse yang manis seolah menghasilkan rasa yang kontras. Sementara untuk tampilan, bentuk geometris yang sering kali terkesan kaku menjadi hangat bila penempatan detail ornamen dan bahan yang digunakan punya satu garis lurus yang simetris. Ini jadi pembuka yang manis sebelum beranjak mencicipi menu lain yang menggairahkan.


Olahan dessert berikutnya yang wajib dimasukkan dalam daftar pesanan Anda adalah Rasp Be Merry. Menu yang satu ini kaya akan rasa asam yang menyegarkan. Sentuhan buah raspberry tentu jadi penyumbang utamanya. Sebagai penggoda, menu ini menebarkan wangi khas buah raspberry yang khas. Tak lupa penambahan hiasan cokelat putih yang bersarang di bagian atas untuk mempercantik tampilan.


Kejutan lainnya datang dari Éclair of the Day. Sambil berkhayal rasa yang akan didapat, saya menyematkan pisau untuk membelahnya menjadi beberapa bagian. Dominasi rasa cokelat yang menyeruak berpadu harmonis dengan éclair yang bertekstur cukup crusty, menciptakan cita rasa yang bersahabat di mulut. Potongan demi potongan makin membuat saya jatuh cinta dengan sajian yang satu ini. 


Bosan dengan rasa yang manis, Anda bisa beralih mencicipi menu savoury yang satu ini. Alice in Nom Land namanya. Secara visual, simple dan elegan adalah dua kesan yang tersirat ketika pertama kali berjumpa. Menghilangkan kesan monoton, menu ini tampil membebaskan imajenasi, terutama terpancar dari pemberian namanya. Gradasi warna yang ditampilkan menyematkan gaya yang terkesan senada. Menu savoury ini tereksplorasi baik dengan penggunaan keju sebagai tokoh utama. Jika ingin menikmati cita rasanya, makanlah setiap lapisan secara bersamaan.


Jika kita merujuk pada deskripsi awal sebuah dessert, makanan yang satu ini memang keluar dari batasan dan meluas ke ranah sosial. Rasanya sah-sah saja jika ditunjang dengan pilihan produk teranyar yang terkesan tak biasa. Menyikapi perubahan dan kondisi pasar yang terus bergerak dinamis, Nomz dituntut lebih cerdas dalam mengimplementasikan inovasi produknya. Well, I am heard great reviews already and wish you every success !

Nomz Kitchen & Pastry
Grand Indonesia Mall, G F1, East Mall
Jakarta 
021 2358 1211

Categories: