Korea telah berhasil menancapkan pamornya dalam barisan negara yang patut diperhitungkan karena industrinya yang maju pesat. Maka tak heran, "Koreanisasi" mulai beranjak masuk di berbagai belahan negara, tak terelakkan Indonesia pun ikut tersengat demam K-Pop. Momen ini tak lantas diacuhkan oleh Korea, secara serempak, kuliner Korea merajai tanah air. Hal itu kemudian mengubah kondisi dimana mencari restoran Korea di Indonesia adalah perkara mudah.

Mencermati keadaan tersebut, Korea Food Foundation (KFF) merilis sebuah buku panduan yang merangkum restoran Korea di Jakarta. Kriterianya melingkupi cita rasa makanan, pelayanan, interior, dan tingkat kehigienisan restoran. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, kemudian terpilihlah 20 restoran terbaik dari total 150 restoran yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk dan Lippo Karawaci. Mengambil ranah yang lebih luas, dalam buku yang diterbitkan 10 Desember 2014 lalu ini juga menggabungkan kuliner Korea yang ada di Malaysia, sehingga total mencapai 40 restoran pilihan.


Bukan hanya uraian mengenai restoran Korea, dalam buku ini juga menjelaskan tentang budaya kuliner Korea, cita rasa, sekaligus sebagai sarana promosi. Buku ini dibuat dalam bentuk guide book berukuran kecil sehingga terkesan praktis. Ditulis langsung oleh seorang pakar kuliner, Bondan Winarno, buku panduan ini tersedia dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan tentu bahasa Korea, sehingga siapapun dapat membacanya. 

Selama masa promosi di Gramedia, buku ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dilihat secara online di homepage www.koreanfood.net atau www.hansik.org. Sementara aplikasinya dapat dengan mudah diunduh di website KCC Kerean Cultural Center Indonesia (id.korean-culture.org). Untuk pengguna android dan IOS, Anda juga bisa mengunduh aplikasinya secara GRATIS di Play Store dan App Store dengan mengetik keyword "KOREAN RESTAURANT GUIDE". Untuk mempermudah, pengguna Android bisa langsung mengunduhnya di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=im.food.KoreanRestaurantGuide


Atau bisa juga melalui account official KFF di :

Selamat bereksplorasi!

Categories: