Sejenak sapa hangat sang waitress menghentakkan lamunan saya. Dengan nada ramah, ia mengantarkan saya menuju lantai dua tempat dimana saya memulai perburuan kuliner. Sip Ha Thai, sebuah restoran Thailand yang berlokasi di jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading adalah resto yang saya datangi malam itu. Di perjalanannya yang baru menginjak usia ke empat bulan, Sip Ha Thai mulai berhasil memikat masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah Kelapa Gading dan sekitarnya.

Sedikit upaya untuk lebih mempopulerkan masakan Thailand di Indonesia pun terselip pada kehadiran Sip Ha Thai di Jakarta. Memang tak salah menempatkan masakan Thailand sebagai signature dish, karena masih memiliki selera yang sama, tak jarang makanan khas negeri gajah putih tersebut menjadi incaran di ibukota.


Berlatar interior minimalis, Sip Ha Thai cukup pintar dalam memadupadankan warna. Dinding berwarna kuning untuk di lantai dasar dan warna merah untuk di lantai dua. Dilihat dari desainnya, Sip Ha Thai merupakan restoran keluarga dimana pengunjung disodorkan dengan penataan furniture yang rapi dan tak banyak komponen yang menghiasi sudut ruangan. Dapat dikatakan, perspektifnya bergaya homey yang menenangkan.


Jika Anda sedang menjalani program diet, saya anjurkan untuk melupakannya sejenak karena makanan di sini begitu menggoda untuk dinikmati. Po Pia Tod atau Thai Spring Roll hadir mengawali rangkaian hidangan khas Thailand di Sip Ha Thai. Sensasi crunchy di bagian kulit dan tambahan isi seperti sayuran menjadi sentuhan yang diidam-idamkan. Sajian ini masuk dalam menu appetizer atau makanan pembuka.


Tiba di bagian menu utama, Crispy Fish with Salad menggoda dari awal penyajian. Saya pun menaruh rasa tak sabar menyantap sepiring hidangan ikan nan atraktif ini. Sementara siraman salad sengaja dihadirkan untuk menonjolkan cita rasa khas Asia. Walau nampak menggairahkan, sajian ini tak mampu bertahan lama. Ikan cantik itu pun ludes dalam hitungan menit.


Dari sekedar menyukai, beralih menjadi menganggumi. Masih dalam misi berburu signature dish, saya pun menyantap Meat BBQ Set. Jangan mengharapkan sepotong daging steak mendarat di meja Anda, karena Meat BBQ Set diolah menyerupai sukiyaki lengkap dengan steamboat dan kuah kaldu. Di sini Anda bisa memainkan rasa sesuai selera karena menu ini diproses secara self cooking. Maksudnya pengunjung diberi kebebasan menu mana yang ia sukai dan memasaknya sendiri di atas steamboat



Apa yang paling menyenangkan daripada sepiring Salted Egg Squid. Bukan saja gurih, tapi dijamin bisa membuat ketagihan. Kolaborasi apik antara cumi yang segar dan telur asin menyeruakkan kesan mendalam di sekujur lidah. Bagi penggemar rasa asin seperti saya, menu ini dijamin bisa menghipnotis indera pengecap untuk kecanduan.


Lewat acara gathering, perjamuan ini disponsori oleh Openrice yang menggagas pertemuan antara Openricers dengan Sip Ha Thai. Tak lupa, saya pun menghaturkan rasa terima kasih untuk Christopher Ong, sang pemilik yang telah menghidangkan rangkaian kuliner lezat khas Sip Ha Thai. What a great event!

Sip Ha Thai BBQ & Bistro         
Jl. Boulevard Raya Blok PD 9 No. 1, Kelapa Gading
Jakarta
021 4584 6893

Categories: