Wine Cellar The Dharmawangsa baru-baru ini menggelar sebuah acara eksklusif untuk para pecinta wine yang digelar 8 Oktober lalu. Acara wine tasting tersebut bekerjasama dengan Luce Della Vite, brand wine premium yang didirikan oleh Vittono Frescobaldi dan Robert Mondavi. Tamu kehormatan malam itu adalah Peter W. Ferguson, Global Sales Director Luce Della Vite yang bertugas memperkenalkan wine asal Italia ini kepada para tamu undangan. 

Ada 3 varian yang menjadi pokok pembahasan malam itu, antara lain Lucente, Luce Della Vite, dan Luce Brunello di Montalcino yang masing-masing mempunyai karakteristiknya tersendiri. Berikut review singkat 3 varian tersebut.

Lucente diproduksi sejak tahun 2009 dengan rasa elegan dan tanin yang halus di mulut. Beraromakan black cherry yang strong dan sedikit aroma black pepper, anggur ini memiliki rasa smooth yang kompleks dan tingkat acidity yang terbilang ringan. Dilihat dari karakteristiknya, wine ini cocok dihidangkan dengan Roast Beef, Lamb, atau dark chocolate.

Merujuk ke varian berikutnya, ada Luce Della Vite. Ketika dituang, wine ini berwarna merah delima yang gelap. Dari aromanya tercium karakteristik buah-buahan yang renyah seperti dried plum, blackberry, dan sedikit perpaduan aroma vanilla dengan cokelat. Adanya tingkat acidity yang lebih tinggi dibanding Lucente, menambah keseimbangan komponen yang menyenangkan.

Wine ketiga yang paling digemari oleh para peserta adalah Luce Brunello di Montalcino. Wine ini memiliki aroma yang kompleks, sementara wangi herb & spice serta aroma mocha menyebar hampir di setiap pemukaan. Sedangkan dari segi rasa, sensasi rich dry membuat anggur ini cocok dipadukan dengan steak atau medium-aged cheese.

Wine tasting adalah penilaian yang subyektif. Dari ketiga wine tersebut, pilihan saya jatuh pada Lucente, walaupun banyak dari tamu undangan yang menjadikan Luce Brunello di Montalcino sebagai favoritnya. Menurut saya, intensitas rasa yang ditampilkan oleh Lucente lebih seimbang, mulai dari tekstur, tannin, acidity, aroma, sampai ke rasa.

Categories: