Belakangan ini, tak hanya ramen yang menyerbu pasar Indonesia, koleksi makanan khas Jepang lainnya juga tumbuh subur di sini, salah satunya adalah udon. Jika berbicara makanan yang satu ini entah mengapa saya langsung teringat Marugame. Ibarat merek air minum dalam kemasan ya Aqua. Hari itu, 13 Oktober 2014 bertepatan dengan pembukaan gerai Marugame yang ke 8 di Jakarta. Pemilihan lokasi yang tepat untuk menyasar pusat kota dimana Grand Indonesia merupakan salah satu mall besar dan strategis yang ramai pengunjung.


Brand dengan lini restoran udon dan tempura tersebut beberapa tahun ini agresif mengekspansi bisnisnya. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Marugame juga menempatkan gerainya di 7 titik lokasi di Jakarta, yaitu Mall Taman Anggrek sebagai gerai pertama, dilanjutkan dengan Gandaria City, Summarcon Mall, Kota Kasablanka, Bintaro XChange, Baywalk Mall, dan Ciputra World. Baru-baru ini, Marugame juga melebarkan pangsanya hingga ke Surabaya. 

Sementara itu, sebuah upaya adaptasi terpancar dari sudut interiornya. Tidak jauh berbeda dengan gerai sebelumnya, Marugame masih setia menggarap sentuhan budaya Jepang dalam gaya interiornya. Muncul kemudian konsep open kitchen yang bisa mengakomodasi proses pengolahan udon sampai ke tangan pelanggan. Di samping itu, keramahan para pramusaji yang interaktif menampilkan satu simbol ikonis dengan pelanggan.


Lain dekor lain pula kualitas makanan. Seperti namanya, sajian menu di Marugame meliputi udon dan tempura. Di kesempatan tersebut, saya memesan Nikku Udon. Komposisinya adalah udon dengan potongan daging sapi dan dilengkapi dengan dashi soup. Sebagai penambah rasa, taburan irisan daun bawang dan kremes tempura mewarnai tampilan mangkuk udon saya kala itu. Tekstur udonnya terasa kenyal dan sangat lembut, sementara kuah yang tersaji mempunyai cita rasa gurih yang menyenangkan.


Udon lain yang tak kalah juara namanya Beef Curry Udon. Memiliki presentasi yang hampir mirip dengan Nikku Udon, hanya saja menu signature ini menggunakan kuah kari khas Jepang yang kental dengan penambahan potongan daging sukiyaki di dalamnya. Sensasi gurih kaldu membuat lidah tak berhenti bergoyang dan alhasil ludes seketika.


Untuk tempura, saya mencoba Broccoli Tempura, Kakiage, Skewered Tofu Roll, Sweet Potato Tempura, Ebi Tempura, dan ini favorit saya Beef Croquette. Sebenarnya olahan kroket ini tak jauh berbeda dengan yang biasa ditemui di pasaran, yang membedakannya adalah filling beef yang tasty dibalut dengan kulit crispy. Siraman saus tempura yang kental mampu membangkitkan rasa agar lebih kompleks. Sekedar info, tempura yang disajikan di Marugame di-display tidak lebih dari 20 menit untuk menjaga kualitas rasa di dalamnya.


Soal harga tak perlu khawatir, Anda cukup merogoh kocek Rp. 33.000 - Rp. 50.000 untuk udon dan nasi serta Rp. 85.000 untuk Kamage Udon paket family. Sedangkan untuk tempura dimulai dari harga Rp. 7.000 - Rp. 14.000. Dengan dibukanya gerai di Grand Indonesia ini, dalam waktu dekat Marugame Udon & Tempura akan terus melakukan ekspansi ke kota-kota besar lainnya di luar Jakarta, sebut saja Bali, Bandung, Balikpapan, Medan dan gerai ke-2 di Surabaya.

Marugame Udon & Tempura
Grand Indonesia, lt. 3A West Mall
Jakarta

Categories: