Sepertinya Anda tidak akan kehabisan ide untuk mencicipi ragam kuliner Italia di Indonesia. Kalau dipikir-pikir, restoran Italia di Indonesia layaknya rumput liar yang terus tumbuh kapan dan dimana saja. Banyak yang menyebut dirinya otentik, tetapi tak jarang pula yang menawarkan modifikasi selera Asia. Hobi menjamah berbagai resto Italia, akhirnya menarik minat saya untuk mencicipi menu Italia di Spageddies. 

Sentuhan desain interior yang hampir seluruhnya menggunakan elemen kayu ini tentu saja membuat image Spageddies berbeda dengan restoran kelas fine dining. Maklum, kebanyakan resto Italia lebih nyaman bermain di konsep 'kelas atas'.  Detail yang paling menonjol adalah lukisan kontemporer yang berbaris rapi di dinding dan tumbuhan yang merambat di bagian atap resto. Suguhan ini berhasil mengembalikan esensi menikmati makanan Italia seperti berada di rumah sendiri.


Hampir sama dengan restoran Italia lainnya, Spageddies menawarkan berbagai menu mulai dari starter, main course, dan dessert. Siang itu, tanpa berbasa-basi saya langsung memesan menu main course, yaitu Spaghetti Meat Sauce atau yang biasa dikenal dengan sebutan Bolognese. Punya gambaran tentang pasta asli Italia? Cita rasa di Spageddies hampir mendekati.


Tak ada air tergenang di dasar piring, pertanda tekstur saus pasta yang kental. Warnanya merah menggoda berasal dari tomat yang segar sementara gurihnya taburan parmesan bubuk membuat sajian yang satu ini begitu menyenangkan. Hanya bagi saya, tingkat kematangan Spaghetti kurang al dente seperti semboyan pasta Italia. Belum lagi tampilan yang 'seadanya' memperlihatkan sang juru masak kurang berani untuk mengeksplor bagian presentasi.

Rekomendasi selanjutnya datang dari kategori Pizza, namanya Smoked Salmon Pizza. Pada gigitan pertama, rotinya yang garing terasa begitu renyah. Di sisi lain, kombinasi smoked salmon berpadu dengan potongan buah olive sebagai topping menghadirkan sensasi rasa yang tak biasa. Belum lagi taburan daun dill yang bertahta di atas Pizza. Jenis herb yang cocok dikombinasikan dengan makanan laut ini tidak hanya menambah nilai presentasi tetapi juga memberikan aroma yang segar. 


Barang kali Anda penggemar masakan Italia yang jatuh cinta dengan restoran ini. Ya, saya pun berlaku demikian. Menu yang saya pesan cepat bersahabat dengan lidah. Apalagi Spaggedies juga menyediakan keju parmesan dan papper flake bagi pengunjung yang ingin memberikan sedikit modifikasi untuk makanannnya. Rasanya saya tidak salah menyempatkan waktu untuk mampir di Spaggedies yang terletak di Senayan City ini. If you love Italian food, you should try this place.


Spageddies Italian Kitchen
Senayan City, Lt. 4 Unit 4 – 82
Jl. Asia Afrika Lot. 19, Senayan, Jakarta
021 7278 1088

Categories: