Menapaki setiap perkembangan kuliner memang selalu menarik untuk diceritakan. Bahkan sudut kecil saja mampu menyikap pesona yang tak kalah layaknya restoran berkelas. Ialah Eatalia. Seperti namanya, sebuah resto yang berlokasi di Cilandak Town Square (Citos) ini mengusung konsep Italian Food. Pertama kali mengunjungi Eatalia terbersit sebuah pertanyaan. Pasalnya resto ini nampak berbeda dengan resto-resto sejawatnya yang berada di Citos.

Eatalia terlihat tertutup dengan kapasitas ruangannya yang kecil. Rupanya, resto yang berada di lantai 1 ini memang sengaja mengakomodir ruangan bebas asap rokok atau no smoking. Namun bagi Anda yang merokok, tidak perlu khawatir tersedia tempat di luar resto yang dikhususkan untuk para smokers. Sedangkan di bagian interior, Anda akan dimanjakan dengan suasana homey yang elegan bak rumah bangsawan di Italia. Menengok sisi langit-langit yang dipenuhi berbagai macam bunga yang senada, menonjolkan nuansa yang romatis menyesuaikan dengan image negara Italia sendiri. 

Lain interior lain pula dengan menu-menu yang tersaji. Sembari menunggu makanan datang, para tamu disuguhkan welcome bread. Sebagai cocolan, Anda dihadapkan pada dua pilihan bumbu pelengkap, balsamic vinegar yang dikombinasikan dengan olive oil, serta herb butter yang kental dengan unsur otentik. Inilah esensi yang biasanya terlupakan. Kebanyakan resto berkonsep Itali di Indonesia hanya berfokus pada rasa tanpa memperhatikan prosedur yang biasanya ada di restoran Italia.

Untuk urusan main course, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada menu yang satu ini, Fettucini Carbonara. Dibuat mirip dengan sajian khas negara di Eropa Selatan tersebut, Fettucini ini memiliki tampilan yang creamy. Namun, pemberian cream terasa begitu berlebihan sementara pemakaian black papper kurang menonjol. Sedangkan untuk tekstur fettucini, sang juru masak paham benar cara mengolah pasta. Tingkat kekenyalannya pas, tidak lengket, dan tidak mudah putus. Inilah kriteria pasta al dente.

Tentu jika kita berbicara resto Italia, rasanya akan mudah menemukannya di sepanjang jalan Jakarta. Eatalia, setidaknya memberikan pengalaman yang unik, terlepas dari kemewahan yang biasanya ditampilkan kelas fine dining. Di sini Anda bisa menikmati lebih dari sekedar nuansa kesederhanaan. Kesan pertama saya dengan Eatalia membekaskan keinginan untuk kembali menikmati sajian lainnya yang memanjakan. Bagaimana dengan Anda?

Eatalia
Cilandak Town Square, Lantai 1, Jl. TB Simatupang, Cilandak
Jakarta
021 7592 0256

Categories: