Dalam rangka mengedukasi para pelanggan setianya, Excelso mengadakan acara coffee class yang berlangsung di gerai Excelso Grand Metropolitan, Bekasi pada 26 April lalu. Para peserta berkesempatan untuk mengenal lebih jauh akan profil dari jenis kopi yang disediakan atau yang dikenal dengan istilah coffee tasting. Namun terlebih dahulu dijelaskan mengenai apa itu coffee tasting dan pengenalan profil dari biji kopi asal Indonesia.

Empat gelas berisikan bubuk kopi yang berbeda pun tiba di atas meja. Secara sederhana, para peserta diasah kepekaannya untuk mengetahui kopi apa yang mereka minum. Beberapa jenis kopi yang dimaksud meliputi Kalosi Toraja, Sumatra Mandailing, Java Arabica, dan Robusta Gold.

Tentu acara ini bukan merupakan kegiatan serius seperti yang dibuat oleh institusi SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia). Formulir yang disediakan hanya sebatas identifikasi terhadap tingkat acidity atau kadar keasamaan dan body atau kekentalan. Pada kolom paling bawah, peserta diminta untuk menebak jenis kopi apa yang mereka cicipi. Peserta yang terdiri dari 30 pecinta kopi ini, menyisihkan empat di antaranya yang dinggap jawabannya paling mendekati. Mereka diadu kembali untuk memperebutkan hadiah yang terdiri dari voucher dan souvenir cantik persembahan Excelso. And hey, I’m the winner!

Setelah coffee tasting usai, Excelso memberikan paket makan siang yang menarik, seperti Hot and Spicy Beef, Dory En Oats, dan Double Chocolate Parfait sebagai dessert. Melalui acara ini, Excelso berusaha untuk memberikan pengalaman yang menarik dan berbagi pengetahuan seputar kopi. 

Categories: