CNN sebagai situs terkemuka di dunia melakukan survei terbuka mengenai ‘World’s 50 Most Delicious Foods’ melalui poling facebook. Apakah kamu tahu? Rendang menduduki peringkat nomor satu kemudian disusul oleh nasi goreng di posisi kedua. Di urutan ke empat belas disabet oleh rekan sejawatnya, sate. Belum lagi kuantitas tempat makan waralaba asing yang tumbuh pesat di Indonesia. Tentunya penggambaran di atas menandakan semakin meriahnya dunia kuliner di Indonesia.

Data di atas seolah menegaskan bahwa pertumbuhan ragam makanan di Indonesia menarik untuk Anda jelajahi. Sebelum berwisata kuliner, ada baiknya Anda mengintip panduan yang satu ini. Semakin kita mempersiapkan diri, tentunya berburu kuliner akan semakin menyenangkan.

1. Buat Referensi Tempat Kuliner yang Akan Dituju

Pastinya Anda tidak bisa secara acak memilih tempat kuliner yang akan dikunjungi. Mulailah mencari info sebanyak-banyaknya mengenai tempat makan tersebut. Tidak ada salahnya untuk membaca review blogger atau media lain dalam memperoleh informasi mengenai tempat kuliner yang sedang hits di Jakarta. Selain untuk mengetahui menu andalan, Anda juga dapat mengetahui lokasi, cara memasak, harga, konsep, keunikan, sampai ke penyajiannya. Informasi ini tentunya sangat penting sehingga Anda dapat merasakan pengalaman kuliner yang menyenangkan.


2. Pilih Tempat Makan Sesuai dengan Selera

Setelah membuat daftar, ada baiknya Anda memilah tempat kuliner sesuai dengan selera Anda. Jika Anda gemar dengan makanan berbasis pasta, berilah tanda centang pada restoran Italia yang artinya akan menjadi destinasi Anda. Sebelum salah melangkah, persiapkan budget terlebih dahulu. Penyesuaian anggaran ini untuk mengantisipasi adanya 'besar pasak dari pada tiang'. Hal ini dipicu oleh kualitas menu dan suasana akan berbanding lurus dengan harga yang relatif mahal.

3. Gunakan Busana yang Pas

Seusai membidik tempat kuliner, usahakan untuk mengenakan pakaian yang sesuai dengan tempat kuliner yang Anda tuju. Jika Anda memutuskan untuk berkaki lima ria, gunakanlah baju yang sepantasnya. Contoh celana jeans dan baju kaos agar terlihat lebih casual. Lain hal jika Anda berkinjung ke sebuah restoran fine dining. Beberapa resto dan bar justru mengharuskan pengunjungnya untuk tampil formal dengan balutan dress (bagi yang wanita) dan sepatu tertutup (untuk pria).


4. Perhatikan Menu Makanan yang Dipesan

Jangan asal  memesan makanan, prioritaskan menu yang Anda pesan masuk ke dalam daftar menu andalan. Biasanya menu unggulan akan mempresentasikan 'rasa' sebuah tempat makan. Suatu resto atau kafe ternama akan menandai menu favorit mereka untuk memudahkan pengunjung dalam menentukan pilihan. Jangan lupa untuk memvariasikan menu dengan partner kuliner Anda untuk menemukan rasa yang beragam. Perhatikan juga komposisi bahan yang terkandung di dalamnya dan bertanyalah kepada pramusaji jika ingin memperoleh penjelasan lebih lanjut mengenai suatu makanan atau minuman.

Tips udah digenggam. Kini yang Anda butuhkan hanyalah selembar daftar untuk memulai petualangan kuliner!

Categories: