Atmosfer classy sudah mulai terasa saat saya memasuki Rustique Wine and Grill. Hamparan dedaunan berwarna putih di langit-langit restoran membuat tampilan Rustique semakin terkesan elegan. Rustique Wine and Grill merupakan salah satu restoran yang terletak di pusat perbelanjaat elit, Pasar Senayan yang membusungkan diri sebagai steakhouse berkelas di Jakarta.


Rustique adalah restoran pertama di Indonesia yang menyajikan Blackmore, sebuah brand steak papan atas asal Australia. Tak tanggung-tanggung, untuk menikmati kelezatan daging wagyu Blackmore, pengunjung harus merogoh kocek lebih dalam di angka Rp. 1.800.000. Harga ini tentu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan, mulai dari tingkat tender hingga sensasi rasanya yang mampu membuat orang berdecak kagum.

Selain Blackmore, pecinta steak juga dimanjakan dengan olahan dry aged beef dimana daging di aging terlebih dahulu agar menghasilkan tekstur yang sangat empuk. Menempatkan diri sebagai steakhouse, tentu Rustique menyediakan aneka jenis daging yang jumlahnya mampu menyentuh angka 33 dengan beberapa pilihan menu wagyu terbaik, seperti wagyu 9+ Australian, Full-Blood Wagyu 12+ Australian, Blackmore, Wagyu 7 – 8 Australian, dan Wagyu short BBQ Ribs. Konon katanya, sebelum menikmati pilihan wagyu tersebut pengunjung harus memesannya terlebih dahulu karena sangat terbatas. Selain kategori daging, tingkat kematangan juga bervariasi, mulai dari  bleu, rare, medium rare, medium, medium well, well done, hingga burn. 

Grilled Chicken Salad

Beef Tenderloin

Dessert: Soy Bean Pannacotta
Kualitas daging yang sudah sangat baik harus dimbangi dengan teknik pemanggangan yang tepat. Memanggang daging tidak harus panas, pada suhu hangat pun bisa menghasilkan daging yang juicy. Kuncinya, Rustique menggunakan oven grill bernama Josper asal Spanyol. Dioprasikan secara manual, Josper mampu menciptakan aroma smokey pada daging. Pemanggangannya yang masih tradisional yakni dengan menggunakan arang membuat setiap bagian daging matang merata. Menariknya, arang yang digunakan khusus diimpor langsung dari Spanyol dan Rustique merupakan restoran pertama yang menggunakan Josper di Indonesia.

Kenikmatan yang tiada tara dari setiap steak di Rustique menggelitik saya untuk mengajukan pertanyaan kepada koki yang bertugas kala itu. Rupanya ada tiga metode yang harus dilakukan sebelum menciptakan hasil olahan steak yang sempurna. Pertama daging yang keluar dari chiller harus melalui tahap heating pada suhu ruang. Setelah itu berlanjut ke proses berikutnya, grilling dan resting. Proses resting inilah yang akhirnya mempengaruhi tekstur yang empuk dan juicy.

Mengacu pada steakhouse, Rustique menawarkan pengalaman menikmati steak lewat berbagai olahan daging premiumnya. Ditunjang dengan interior yang cozy dan woody, Rustique identik dengan nuansa homey yang dilengkapi dengan private room. Jika dilihat dari harga yang tertera pada buku menu, rata-rata pengunjung harus menghabiskan dana minimal Rp. 400.000/orang.  Ini sebanding dengan kualitas steak yang ditawarkan dan terlihat target utama dari Rustique pastinya adalah  A+.

Rustique Wine & Grill
Plaza Senayan, Lantai 4, Jl. Asia Afrika, Senayan
Jakarta
021 5785 2760

Categories: