Cukup lega rasanya bisa menemukan sebuah kafe serius di bilangan Jakarta Barat, namanya Koultoura Coffee. Terletak di Taman Ratu Indah, Koultoura Coffee berada di level coffee shop yang cukup baik dalam menyajikan secangkir kopi. Biji kopi asal Papua Nugini pun menjadi pilihan saya waktu itu. Diproses semi wash, espresso yang dihasilkan cenderung memiliki rasa yang lebih light to medium. Masih aman di lidah saya.


Beranjak dari espresso, saya memilih membandingkannya dengan Cappucino. Menggunakan house blend dengan komposisi 40% Guatemala, 40% Papua Nugini, dan 20% Aceh Gayo, rasa yang dihasilkan cenderung lebih kompleks, ada rasa nutty, chocolaty, dan sweet. Hal ini untuk menghindari kebiasaan pengunjung yang sering menambah sesendok gula ke dalam kopi yang mana sebenarnya hanya akan merusak struktur rasa kopi di dalamnya.


Menginginkan rasa yang lebih manis lagi, saya membandingkannya dengan latte. Benar dugaan saya, latte memang pilihan yang tepat untuk wanita, termasuk saya. Rasanya yang cenderung manis diakibatkan dari pola pemprosesan steam susu yang benar. Nampaknya barista di sini sudah piawai dalam memanaskan susu di suhu dan waktu yang tepat sehingga karakter rasa latte yang saya bayangkan dapat keluar dengan sempurna. Perfect!


Tempatnya yang cozy, membuat saya betah berlama-lama di sini. Tak terasa waktu sudah menunjukkan jam makan siang. Saya pun memesan beberapa makanan untuk mengganjal perut yang mulai keroncongan. Sepasang spaghetti dan burger menjadi pilihan yang tepat. Koultoura Coffee juga menyediakan aneka menu dessert sebagai pendamping, seperti Au Chocolate noir, French Cheese Cake, Black Russian Pie, dan Avocado Mousse.




Lewat menu kopi dan makanannya yang excellent, Koultoura Coffee tidak melupakan sisi interior. Pemilihan aksesoris dan furnitur berdominasi warna-warna teduh membuat interior Koultoura Coffee terasa casual dan nyaman. Karakter-karakter dalam bentuk ilustrasi yang sarat makna hadir dalam dekorasi setiap ruangan mengisyaratkan ada cerita dibalik tokoh beruang tersebut. Maka tak heran, interior Koultura Coffee banyak menghiasi dinding media sosial terutama instagram.










Begitu banyak pemain kopi di bagian Selatan dan Pusat Jakarta, namun Koultoura Coffee nyaman bermain di kawasan Barat. Mungkin karena pesaing tidak begitu banyak di sini. Apapun alasannya, Koultoura Coffee bisa jadi salah satu alternatif, khususnya bagi Anda yang berdomisili di daerah Jakarta Barat dalam menikmati sensasi menyeruput secangkir kopi.

Koultoura Coffee
JL. Taman Ratu Indah Blok AA2 No. 33
Taman Ratu, Jakarta Barat
021 29520310
 

Categories: