Gencar diperbincangkan di sosial media, akhirnya menggugah iman saya untuk mencicipi kesegaran secangkir kopi di Tanamera Coffee. Tidak banyak kapasitas seating area yang tersedia, beruntung saya menemukan sebuah meja kosong di sisi tengah yang langsung menghadap ke arah ‘ruang eksekusi’ barista.


Interior Tanamera Coffee yang terkesan mini menggambarkan kedekatan emosional antara pengunjung dan barista. Suasana intim pun acap kali terbangun. Celotehan antara barista dan pengunjung mengalir deras. Di sini pengunjung lebih leluasa bertukar pikiran.


Disebut sebagai ikon baru di kalangan coffee shop, secara keseluruhan Tanamera sangat memperhatikan biji kopi sampai ke teknik penyajian. Ya, keistimewaan Tanamera ialah mengerjakan tahap roasting sendiri sehingga akan lebih mudah dalam menentukan ‘rasa’ yang diinginkan. Biji kopi sudah berkualitas, proses roasting juga sempurna, ditunjang dengan konfigurasi alat pembuat espresso yang tepat.

The Slayer menjadi buah bibir yang banyak dibicarakan oleh para ahli kopi di luar sana. Sebuah mesin espresso yang metodenya dioprasikan secara manual sehingga akan mudah dalam mengontrol tekanan pada saat proses penyeduhan. Tak banyak barista yang mampu mengoprasikan The Slayer. Menurut sumber terpecaya harga Slayer mampu menyentuh angka ratusan juta rupiah.


Sebagaimana wanita pada umumnya, saya memilih mencicipi kesegaran cafe latte yang mempunyai ciri khas lebih manis ketimbang espresso. Jangan pernah tuangkan gula ke dalam kopi Anda! Hal tersebut hanya akan merusak rasa original yang dikeluarkan oleh kopi. Seruputan latte di sore hari menghangatkan hari saya yang senja itu memang tidak dalam keadaan bersahabat. Latte nampaknya mampu mengendurkan otot yang sedikit kaku. Aroma kopi yang kuat berhamonisasi baik dengan susu.


Selayaknya coffee shop, Tanamera juga menyediakan kudapan sebagai penyeimbang rasa si kopi yang cenderung beresensi pahit. Anda bebas memilih, ada Carrot Cake, Chocolate Mousse, Apple Crumble, Pie, dan aneka camilan lainnya. Kafe yang terletak di belakang Thamrin City ini memang sayu-sayu terlihat, namun hebatnya nama Tanamera kian melambung tinggi seakan menunjukkan keeksistensiannya di dunia perkopian. Two thumbs up!

Tanamera Coffee
Thamrin City Office Park AA 07
Jakarta
021 2962 5599

Categories: