Menyusuri pelataran Plaza Senayan, pandangan saya tak lepas dari sebuah resto bertemakan taman di tengah pusat perbelanjaan. Hati saya pun goyah dan kemudian melipir memasuki restoran yang bertuliskan 'Le Jardin' pada area pintu masuknya. Saya memilih tempat duduk di dekat kaca untuk melihat keramaian ibukota yang seolah tidak pernah tidur dan  memesan beberapa kudapan.


Sembari menunggu pesanan datang, saya memutuskan untuk melihat-lihat seisi restoran. Ternyata pada bagian sudut, terdapat sebuah florist yang menjajakan berbagai bunga cantik untuk memperindah dekorasi ruangan. Di dekat sana terdapat sebuah tangga yang menghubungkan ke lantai 2. Saya pun penasaran dan menyusuri apa isi lantai 2 tersebut. Setibanya di atas, membuat saya sedikit bingung. Rupanya restoran yang bernama Moovina ini mengambil dua konsep sekaligus, Le Jardin dengan tamannya dan di lantai dua ada Mezzanine dengan tema lounge. Berikut deskripsi singkatnya.

Taman Perancis ala Le Jardin
Le Jardin atau dalam bahasa Indonesia berarti taman ini lebih mirip dengan tampilan taman di Perancis. Interior Le Jardin didesain bak taman lengkap dengan pepohonan asli dan tanaman merambat melambangkan kekuatan tema yang diusung. Perbedaannya, tidak seperti restoran berkonsep taman lainnya yang biasa mengambil suasana outdoor, Le Jardin merupakan penampakan taman yang benar-benar terletak di dalam gedung mall. Nampaknya, Le Jardin merupakan tempat pelarian yang paling cocok bagi warga Jakarta dari kepenatan ibu kota dengan persembahan resto bernuansa yang homey dan asri.

Lounge Elegan di Mezzanine
Menapaki anak tangga menuju Mezzanine, pengunjung akan disuguhkan dengan konsep lounge elegan yang terkesan seksi, berbeda jauh dari konsep Le Jardin yang casual. Jika di Le Jardin terdapat florist pada bagian sudut, di Mezzanine terdapat sebuah perapian asli yang ditutup dengan kaca sehingga akan menciptakan kesan dingin di tengah kota Jakarta yang beriklim tropis. Perapian ini menggunakan bahan bakar bioetanol yang ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan bau dan asap di dalam ruangan. Tersedia juga bar bagi pengunjung yang ingin bersantai menikmati aneka minuman favorit di Mezzanine.




Berbicara ke makanan, menu Le Jardin mengarah ke classic French yang simple sedangkan Mezzanine menyajikan makanan yang lebih berat ketimbang Le Jardin. Di kategori minuman, Moovina memiliki rentetan daftar anggur yang lengkap di Jakarta yang berjumlah lebih dari 150 botol dari seluruh dunia.

Satu hal yang perlu diingat, Le Jardin dan Mezzanine adalah dua konsep restoran yang berbeda sehingga demi mempertahankan konsep resto pengunjung di Le Jardin tidak bisa memesan makanan yang ada di Mezzanine, begitu juga sebaliknya. Tapi jangan khawatir, perbedaan menu hanya berlaku untuk  appetizer dan main course, sedangkan menu dessert dan minuman baik Le Jardin maupun Mezzanine memiliki daftar menu yang serupa. Berikut adalah bocoran beberapa menu andalannya.





Dengan kapasitas yang cukup besar, Moovina kerap kali dijadikan tempat untuk berkumpul, menggelar perayaan, seperti arisan, birthday party, gathering, dan lain sebagainya. Untuk mempermudah pengunjung yang datang, disediakan juga sebuah lift dari lobi yang menghubungkan langsung ke Mezzanine. Sedikit tips jika bingung memilih antara Le Jardin atau Mezzanine. Le Jardin sangat nyaman bila dikunjungi pada siang hari dengan suasana casual-nya. Di malam hari berpenampilan formal, saya sarankan Anda merapat ke Mezzanine sambil menikmati wine bersama teman-teman.


Konsep tematik tak ayal dipilih sebuah resto untuk menarik minat pengunjung untuk datang. Kekuatan konsep yang matang tentu harus diimbangi dengan keunikan yang menjadi ciri khas sebuah restoran. Moovina justru memiliki dua konsep sekaligus. Menghadirkan tema yang fresh dengan atmosfer berbeda dalam satu resto mengangkat nama Moovina di deretan daftar tempat hang out warga Jakarta. Penasaran?

Moovina (Le Jardin dan Mezzanine)
Plaza Indonesia, Lantai 3
Jl. MH Thamrin No. 28 - 30 - Jakarta
021 2992 4567


Photo Courtesy of Willys Laureel

Categories: