Pada acara yang diselenggarakan oleh Fonterra Foodservices 7 November lalu, pengalaman langka saya dapatkan ketika melihat proses kompetisi berlangsung. Sebagai media yang berkesempatan untuk meliput acara tersebut, saya seakan dihipnotis dengan keterampilan kedelapan peserta yang sudah berhasil melewati babak penyisihan. Standar kualitas yang dipertontonkan oleh chef-chef Bali bisa dibilang setara dengan chef berskala internasional mengingat bali sendiri memang sangat terbuka dengan tren kuliner yang sedang berkembang di dunia.

Pengalaman tak terduga menghampiri saya, di kompetisi tersebut saya berkesempatan untuk menilai langsung performa dari para chef dengan bertindak sebagai mystery judge. Fungsi dari mystery judge ini ialah menilai hasil kreasi pastry buatan peserta dari kacamata konsumen. Peran saya di sini tidak lain dan tidak bukan adalah memberikan sudut pandang yang berbeda dalam melengkapi penilaian para juri profesional.

Seolah dimanjakan dengan pastry-pastry maha karya peserta, saya sempat takjub melihat kreativitas para chef Bali dalam mengkreasikan pastry dengan kombinasi produk dairy. Sebagai mystery judge saya dituntut untuk peka terhadap rasa, tampilan yang unik, serta performance dari masing-masing peserta.Tantangan bagi mereka adalah keterbatasan peralatan, terutama blast freezer yang tidak disediakan selama kompetisi berlangsung. Tanpa alat pendingin ini, peserta diharuskan mampu menyiapkan plan B agar pastry buatannya tidak cepat meleleh karena suhu udara yang tidak mendukung.

Seni kuliner moderen menjadi sangat kental dalam kompetisi pastry Challenge ini. Persiapan dasar yang tepat, teknik serta tingkat kesulitan yang tinggi harus dikuasai secara maksimal untuk mampu menghasilkan keseimbangan rasa, tekstur, dan penampilan yang sempurna. Standar kualitas tinggi inilah yang akhirnya mampu menghasilkan pemenang yang nantinya mampu bersaing di kancah internasional. Chef Eka Buana Karya dari Laguna Resort Bali membuktikan diri sebagai yang terbaik sehingga patut menyandang gelar sebagai juara Fonterra Challenge Pastry Competition 2013.

Chef Eka (kiri) beserta dua rekannya

Categories: