Bali, 7 November 2013 - Fonterra Foodservices, sebuah unit divisi dari PT. Fonterra Brands Indonesia kembali menggelar perhelatan kompetisi yang menantang 57 chef untuk bersaing memperebutkan gelar juara di fonterra Challenge Pastry and Cooking Competition 2013. Mereka mewakili hotel, restoran dan gerai bakery di area Bali untuk bertanding secara live selama tiga jam non-stop bertempat di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali. Misi awal dari kompetisi ini adalah meningkatkan standar kualitas chef lokal dengan persembahan keterampilan terbaik mereka agar setara dengan chef dari luar negeri sehingga mampu bersaing secara unggul dalam skala lokal maupun internasional.

Bertemakan “Taste of Glory”, para finalis yang bersaing di katagori pastry harus menyiapkan kreasi pastry dari dua resep yang diajukan, satu resep untuk 2 whole cake dan satu resep untuk 3 plated desserts. Sementara itu, finalis yang berkompetisi dalam di katagori cooking harus menyiapkan satu set menu kreatif dari 3 resep yang merek aajukan, 3 porsi plated appetizers, 3 porsi cream soup, dan 3 porsi pasta sebagai menu utama.

Peserta dari masing-masing katagori dinilai berdasarkan beberapa aspek penting, seperti keaslian resep, kualitas pemilihan bahan makanan, kreativitas, penampilan, persiapan dasar yang benar (teknik yang tepat), tren yang sedang berkembang serta harus memiliki keseimbangan rasa, aroma, tekstur, dan mengandung nilai gizi yang diperlukan oleh tubuh. Hadir pula sederet nama beken sebagai juri yang ahli di bidangnya, seperti untuk katagori Cooking Challenge terdiri dari Chef Petrus Nugraha (Advisory Chef Fonterra Brands Indonesia), Top Chef Henry Alexy Bloem (President of Indonesian Chef Association), dan Chef Nehemia Eka Christfian Surjanto (President Bali Culinary Professional). 

Sedangkan juri untuk katagori Pastry Challenge, antara lain Bambang Susanto (one of the first Iron Chef Judge Indonesia from Fonterra brands Indonesia, master Pastry Chef Judi Koh (Master Pastry Creative Culinaire), serta Chef Rahmat Kusnedi (President of Indonesia Pastry Alliance). Di samping para ahli dan profesional, termasuk bagian dari juri adalah mystery judge atau mereka yang merupakan konsumen dari kalangan umum dan pecinta kuliner untuk memberikan sudut pandang yang berbeda terhadap kreasi menu dari kacamata konsumen.

Berikut adalah aneka pastry dan kreasi makanan buatan peserta Fonterra Challenge:













Categories: