Pameran tahunan Trade Expo Indonesia (TEI) yang digelar pada 16-20 Oktober lalu di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta berhasil menggaet pasar baik lokal dan internasional. Ajang promosi dengan produk dan jasa Indonesia ini berorientasi ekspor dalam upaya membantu nilai ekspor nasional agar mampu bersaing dengan kancah internasional. Di sisi lokal, pameran ini merupakan wadah yang berperan guna menumbuhkan kecintaam kepada produk dalam negeri. Di tahun 2012 lalu, pameran TEI berhasil menarik lebih dari 5.000 pembeli yang berasal dari 90 negara dengan total transaksi perdagangan senilai lebih dari US $ 1 miliar.  Pameran berskala internasional ini menampilkan berbagai produk buatan dalam negeri yang berkualitas serta berstandar internasional. 

Pada acara yang dibuka oleh wakil presiden Boediono ini turut menyertakan produk-produk unggulan dalam pavilion bertajuk “National Export Development pavilion yang diprakarsai oleh kementerian perdagangan. Pavilion tersebut menghadirkan 56 perusahaan dari berbagai sektor usaha yang menonjolkan produk-produk yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat serta diminati oleh pasar di luar negeri. Paviliun ini adalah bentuk penghargaan pemerintah kepada industri-industri dengan produk ekspor unggulan yang strategis yang mana terbagi atas lima zona, industri strategis dan hi-tech, jasa profesional, sumber daya alam, manufaktur, dan industri kreatif.

Pameran ini merupakan kesempatan yang tidak boleh terlewatkan dalam rangka mempromosikan produk Indonesia yang bernilai tambah, mulai dari peluang investasi, produk, jasa, hingga bisnis profesional. Fakta bahwa ribuan pembeli dari berbagai negara datang mengunjungi TEI membuktikan bahwa Indonesia memiliki aneka produk yang potensial dan berdaya saing tinggi.


Categories: