Menyambut World Cerebral Palsy Day yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2013, Yayasan Sentuhan Kasih Karunia dan Orang Tua Penyandang Cerebral Palsy mengadakan acara “Do it with love for Cerebral Palsy” pada tanggal 29 September lalu yang bertempat di Tribeca, Mall Central Park. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui mengenai Cerebral Palsy. 


Cerebral Palsy atau lumpuh otak diakibatkan kekurangan asupan oksigen sehingga merusak beberapa bagian otak. Walaupun dapat diartikan kelumpuhan pada otak, namun anak cerebral palsy tidak berarti bodoh, bahkan kebanyakan  memiliki memori yang baik. Namun penyandang cerebral palsy biasanya mempunyai kesulitan dalam bergerak ditandai dengan buruknya pengendalian otot, kekakuan, kelumpuhan, dan gangguan fungsi syaraf yang mempengaruhi gerakan, postur, keseimbangan dan koordinasi pada tubuh sehingga perkembangan motoriknya nampak jelas berbeda dengan anak normal.


Pada acara sosial ini juga diadakan berbagai acara untuk menggalang kepedulian terhadap penyandang cerebral palsy. Acara ini turut dimeriahkan oleh Giring Nidji, performance penyandang cerebral palsy, teaterikal, dance awareness, dan rangkaian acara menarik lainnya yang dipandu oleh Ronny Sianturi dan Alya Rohali sebagai MC.


Tak ketinggalan kehadiran Basuki Cahaya Purnama atau yang biasa disapa Ahok, Wakil Gubernur DKI, Jakarta menyemangati para penderita cerebral palsy. Ia berterima kasih kepada Yayasan Sentuhan Kasih Karunia dan Orang Tua Penyandang Cerebral Palsy yang telah membuat acara sosial seperti ini. Ia menghimbau kepada semua masyarakat untuk sama-sama mengasihi dan menyayangi para penyandang cerebral palsy tanpa membeda-bedakan. Di luar negeri, penderita cerebral palsy sudah mendapatkan perhatian penuh dari pemerintahnya. Itu juga yang akan diterapkan oleh pemprov DKI dalam upaya memfasilitasi para penyandang cerebral palsy yang tidak mampu.

Categories: