Bermain dengan cokelat? Siapa takut! 19 September lalu bertempat di kantor Pusat Puratos yang berlokasi di Latumenten, saya dan beberapa teman media lain berkesempatan untuk belajar mengenai ilmu cokelat. Puratos Indonesia merupakan anak perusahaan dari Puratos Group asal Belgia yang menyediakan bahan baku untuk bakery, patisserie, dan chocolate.

Bersama Technical Manager PT Puratos Indonesia Adang Hendra, saya dan rekan media lainnya dijelaskan terlebih dahulu pengetahuan dasar mengenai cokelat. Secara umum, cokelat terbagi atas dua jenis, yaitu couverture dan compound cokelat. Couverture atau real chocolate terbuat dari cocoa butter dan cocoa mass sedangkan cokelat compound menggunakan subtitute dari lemak nabati dengan tambahan cokelat bubuk. (Di dalam blog terdahulu, saya pernah membahas mengenai perbedaan kedua cokelat ini). 

Diinformasikan juga oleh Adang, baru-baru ini Puratos meluncurkan variasi cokelat compound terbarunya dengan brand Carat. Walaupun berwujud compound, Carat dapat dikatakan hampir menyamai kualitas dari cokelat couverture karena tidak mengendal serta rasanya yang chocolaty. Carat terdiri dari empat jenis, bergantung pada aplikasi yang akan digunakan, seperti Carat Coverlux, Carat Coverlig, Supercrem, dan Decorcrem.

Tiba saatnya kami bereksperimen dengan cokelat. Pertama-tama, produk yang kami buat adalah Mendiant, variasi cokelat dengan tambahan buah dan kacang-kacangan. Cukup mudah membuat Mendiant, kuncinya terletak pada kreasi si pembuat dalam menempatkan dekor (buah dan kacang-kacangan) secara menarik. 

Selanjutnya produk yang kami buat adalah Praline. Wooohoo! Pasti istilah ini sudah dikenal luas oleh masyarakat. Terlebih dahulu Adang memperlihatkan cara membuat Praline kepada kami. Terlihat mudah, namun kami menemukan kesulitan ketika mempraktekannya. Biasanya cokelat Praline diisi dengan ganache, tetapi kali ini cokelat Praline diisi dengan kombinasi antara Carat Coverlux dan Decorcrem. Ehm! Rasanya tidak kalah lezat dengan isian ganache. Terakhir, produk yang dibuat adalah Half Moon yang terbuat dari cake rasa pisang dengan dekorasi ganache dan coating Carat Decorcrem. 


Cokelat training yang berlangsung dari jam 12 siang hingga jam 4 sore ini begitu menyenangkan bagi saya. Jelas, bagi pecinta cokelat seperti saya ini waktunya untuk mencicipi aneka rasa cokelat dan belajar aplikasinya. Ditambah lagi, para rekan media dipersilakan untuk membawa pulang aneka aplikasi cokelat yang dibuat. Here come delicious chocolate!





Categories: