Image:
Poster Man of Tai Chi

Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mendengar kata 'Tai Chi' termasuk di antaranya saya. Bulan Juli kemarin, beredar sebuah film berjudul Man of Tai Chi bergenre action. Dalam film ini, tema yang diangkat adalah pertarungan dengan menggunakan ilmu beladiri 'Tai Chi'. (Tai Chi bisa juga dikaitkan dengan keseimbangan. Istilah ini mulai dikenal pada pertengahan abad ke-18 yang diambil dari sebutan Yin-Yang).

Disutradarai  oleh Keanu Reeves, film ini banyak mempertontonkan aksi beladiri dengan tangan kosong. Tiger Chen, adalah nama pemeran utama dalam cerita ini. Ia adalah seorang beladiri Tai Chi muda yang belajar dari kuil Ling Kong. Menyadari Tai Chi bukanlah ilmu beladiri yang mudah, Chen berusaha untuk pula menyeimbangkan antara ilmu tersebut dengan pikirannya.

Sampai akhirnya ia bertemu dengan Donaka Mark (Keanu Reeves), pemilik pertarungan ilegal yang tertarik dengan kepolosan serta beladiri yang dimiliki oleh Chen. Donaka pun berhasil membujuk dan membawa Chen ke dunia yang berbeda 180 derajat dengan kehidupannya. Plot demi plot dikembangkan Reeves dalam film ini hingga masuk pada pertarungan akhir dimana Chen bertemu dengan Gilang Sanjaya yang diperankan oleh Iko Uwais. Dalam adegan yang berlangsung selama kurang lebih 5 menit itu, Indonesia patut bangga karena namanya tersebut dalam film besutan Reeves ini.

Dalam film yang berdurasi kurang lebih 105 menit ini menegaskan kemampuan lain dari seorang Reeves dalam menyutradarai sebuah film. Ditambah lagi dengan penampilannya kali ini berperan sebagai tokoh antagonis. Di akhir cerita, pria yang juga bermain dalam film The Matrix ini memasukkan beberapa filosofi kehidupan yang kiranya bisa dibaca oleh penonton. Namun bagi saya,  jalan cerita yang ditampilkan terkesan datar dan mudah ditebak. Nilai plus terletak pada aksi koreo dan tentunya penampilan Iko Uwais. 

Grade: B-

Categories: