Penjualan macaron terhitung stabil di Indonesia, terbukti dengan masih banyaknya patisserie yang menyediakan macaron sebagai salah satu menu andalannya. Sejarahnya, macaron mulai diperkenalkan sejak tahun 1533 lalu,. Saat itu Ratu Italia membawa Macaron ke Perancis untuk menghadiahkannya kepada raja Henri 2. Dari sanalah Macaron mulai dikenal luas oleh masyarakat dunia. Sejak beberapa tahun ke belakang pastry asal Perancis ini memang mulai menjadi perbincangan. Bahkan di sebagian negara besar di dunia Macaron pun dinobatkan sebagai menu terfavorit. Hal itu dikarenakan rasa, aroma,  dan bentuknya yang sangat menarik.

Ingredients and Technique
Umumnya Macaron membutuhkan bahan-bahan seperti bubuk almond, gula halus, dan putih telur sebagai dasarnya. Namun sebenarnya bahan yang paling banyak digunakan adalah gula halus, itulah sebabnya rasa dari Macaron cenderung manis. Gula halus berfungsi sebagai pembentuk rangka agar lebih kuat serta membentuk tekstur crunchy. Guna mempercantik tampilan, adonan Macaron lazim ditambahkan pewarna water based yang mudah menyatu dengan bahan lain sehingga permukaannya pun halus.

Kualitas Macaron juga ditentukan dari kelembutan meringue sebagai dasar. chewy pada bagian dalam sehingga pada saat digigit ada tekstur renyah dan meleleh di mulut.
Sebaiknya pastikan putih telur dalam keadaan yang bersih artinya tidak terdapat kuning telur sama sekali. Setelah bahan, proses yang paling krusial adalah pemanggangan. Tipsnya, gunakanlah loyang bertumpuk yang berfungsi untuk menahan panas api pada bagian bawah sehingga terbuatlah kaki yang sempurna. Sedangkan mengenai tekstur, macaron yang baik memiliki tekstur crunchy di bagian luar dan

Valentine Macaroons
Di perayaan Valentine atau hari kasih sayang, cokelat kerap kali dijadikan simbol hadiah untuk orang terkasih. Namun berkembangnya produk pastry di Indonesia, tak menutup kemungkinan Macaron juga dapat diberikan sebagai “Valentine gift”  atau sebagai hadiah untuk orang tersayang. Namun Macaron bersifat lebih formal dibandingkan cokelat karena bentuk dan warnanya yang lebih bervariasi.

Dengan ini tidak menutup kemungkinan nama Macaron akan selalu menjadi tren di masyarakat. Ditambah lagi dengan keragaman aroma, rasa dan bentuk yang sangat cantik, serta paduan filling dimana kombinasi tersebut mewujudkan kesempurnaan dari sebuah pastry cantik asal Perancis.



Photo Courtesy of Imam Saparisman

Categories: