Movie Poster: Refrain

"Bisa ngga sih, perempauan sama laki-laki hanya bersahabat tanpa tumbuh benih cinta?"

Jawaban pertanyaan ini mungkin bisa kamu temukan dalam film Refrain yang keluar pada Juli lalu. Diadaptasi dari novel karya Winna Efendi dengan judul serupa, film ini mengisahkan akan makna sebuah persahabatan. Disutradarai oleh orang yang sama dengan Cinta Brontosaurus, Fajar Nugros mencoba mengangkat kisah kehidupan anak muda yang sederhana.

Seperti biasanya film Indonesia, sinopsis Refrain terkesan standar dan ceritanya mudah ditebak. Sebelum menonton film ini, saya sudah bisa menebak akhir ceritanya dan ternyata benar! Refrain mengisahkan persahabatan antara dua orang sahabat bernama Niki (Maudy Ayunda) dan Nata (Afgansyah Reza) yang terjebak dalam sebuah cinta. Konflik datang ketika Niki bertemu dengan laki-laki lain dan mulai merajut cinta dengannya. Begitu pula dari sisi Nata yang dicintai oleh seorang gadis bernama Annalise (Chelsea Elizabeth). Kisah cinta segi empat ini diulas secara ABG tanpa ada plot yang menarik bahkan jalan cerita cenderung lurus.

Film ini mungkin akan terlihat dramatis apabila ditonton oleh ABG yang mempunyai kisah hidup serupa. Namun dilihat dari keseluruhan film ini nyaris tidak ada kesan. Tapi, saya tetap suka dengan judul film yang digunakan dalam film ini, Refrain :)

Grade: C -

Categories: