Jika menyebut kata cokelat mungkin pikiran kita akan tertuju pada negara Belgia, Swiss, atau Belanda. Namun apakah Anda tahu bahwa ketiga negara tersebut hanyalah negara pengolah cokelat bukan penghasil cokelatTanaman cokelat hanya bisa tumbuh di negara beriklim tropis, seperti Indonesia dan ternyata negara kita ini merupakan negara penghasil cokelat nomor 3 terbesar di dunia. Peluang itulah yang coba diambil oleh Chocomory, sebuah pabrik cokelat yang berlokasi di daerah Puncak. Berada satu kawasan dengan Cimory Riverside, Chocomory merupakan lini usaha lain dari Cimory Group. 

Dalam proses pengolahan untuk mengefisienkan waktu produksi, Chocomory menggunakan cokelat koin yang dilelehkan dengan mesin melting chocolate bertenperatur 40oC - 50oC. Suhu ideal untuk mengolah cokelat adalah 27oC - 32oC (temper) sehingga setelah dilelehkan suhu harus diturunkan terlebih dahulu agar tidak timbul bintik-bintik pada cokelat (fat bloom). Baru kemudian cokelat bisa dibentuk sesuai keinginan.





Chocomory menjual aneka macam cokelat, mulai dari Chocolate Bar, Chocolate Covered, Praline, dan juga Countline atau yang dikenal sebagai Chocolate Snack. Produk yang paling banyak diburu para pengunjung adalah Chocolate Covered Almond Crunchies yang memiliki kelezatan almond serta kerenyahan cokelat yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Cokelat yang terinspirasi dari salah satu resep cokelat asal Belgia, ini terbuat dari paduan butter toffee almond  yang dilapisi dengan milk chocolate serta Almond Crunchies sebagai filling.





Bagi para penikmat cokelat, Chocomory merupakan tempat yang cocok dikunjungi untuk berburu cokelat berkualitas Belgia. Sekaligus pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan cokelat di pabrik Chocomory.


Chocomory
Cimory Riverside, Jl Raya Puncak 415 Cisarua-Bogor,
Jawa Barat
0251 8257888

Photo Courtesy of Willys Laureel

Categories: