Salah satu merek Mooncake yang terkenal di Indonesia adalah SP Mooncake. Bisnis yang sudah berjalan selama 90 tahun ini merupakan merek Mooncake yang tertua di Indonesia. SP sendiri adalah singkatan dari Seng Peng atau berarti damai selama-lamanya.

SP membuat dua macam mooncake baik yang tradisional maupun moderen. Mooncake moderen berbentuk bundar  dengan khas stempel atau cap pada bagian atasnya. Sedangkan yang tradisional (khas Indonesia) berbentuk bulat pipih.

Legenda Moon Cake
Setiap tanggal 15 bulan 8 di penanggalan Imlek, masyarakat Tionghoa merayakan Festival Musim Semi dan biasa dikenal juga dengan nama Mooncake Festival atau Perayaan Kue Bulan yang menyuguhkan Mooncake sebagai sajiannya. Berbagai versi timbul seiring dengan kepopuleran perayaan festival ini, diantaranya kisah dimana Mooncake digunakan sebagai penyampai pesan Bangsa Han  untuk melakukan pemberontakan terhadap Kerajaan Mongolia di Cina. Ada pula yang menyebut Mooncake sebagai ungkapan rasa syukur yang mirip dengan perayaan Thanksgiving Day di Amerika.

Kue yang biasanya diberikan kepada keluarga dan orang-orang terdekat ini, pada zaman dahulu mempunyai rasa yang sangat manis, karena kue ini dihidangkan bersama teh pahit. Tapi zaman telah berubah, Mooncake kini tak lagi mempunyai rasa yang sangat manis seiring dengan selera dan gaya hidup masyarakat yang juga berubah.

Pembuatan Filling dan Kulit Mooncake
Bagian dari Mooncake yang paling susah pada saat membuat filling. Kelebihan SP Mooncake adalah memproduksi filling itu sendiri sehingga rasanya tidak sama dengan Mooncake di pasaran yang mana menggunakan filling Mooncake yang sudah jadi. Lama pengadukan filling dari Mooncake bisa mencapai 6 jam yang hampir menyerupai dodol, sehingga harus padat agar filling tidak keluar dari kulitnya. Berbagai rasa filling yang dibuat oleh Sp Mooncake, antara lain cokelat, keju, cokelat keju, durian, cempedak, dan kacang mete. Juga ada filling kacang hitam, kacang hijau, dan kacang teratai yang kini paling laris diburu pecinta Mooncake. 

Kini SP Mooncake tidak hanya membuat Mooncake yang musiman, tetapi juga memproduksi produk cookies, pia, dan makanan khas Tionghoa lainnya, seperti kue berbentuk anak-anakan dengan aneka bentuk (barongsai, ikan, dan sebagainya). Mooncake tersebut juga telah memiliki sertifikat Halal dan terdaftar di Departemen Kesehatan. 

SP Mooncake
Jl. Pluit Timur Blok W/ Utara No. 45
Jakarta 

Photo Courtesy of Dendy Indra

Categories: