Sebagaimana kita tahu, cokelat merupakan produk dairy yang multifungsi. Artinya dapat dicampurkan dengan bahan lainnya. Di sini, saya akan membahas peran cokelat apabila disandingkan dengan produk dairy seperti butter, krim, susu, dan keju.

Cokelat berhubungan erat dengan butter dalam pembuatan ganache. Penambahan butter sangat dibutuhkan untuk menghasilkan tekstur yang lembut. Selain itu, butter dapat membuat sensasi ganache lebih menarik karena akan ada reaksi meleleh saat di mulut mengingat titik leleh butter berada di bawah suhu badan kita, yaitu sekitar 30oC-34oC.

Selain butter, ganache juga membutuhkan kandungan krim di dalamnya. Jika komposisi cokelat lebih dari krim yang digunakan, maka volume ganache akan tebal yang mana cocok digunakan sebagai filling truffle. Sebaliknya apabila komposisi krim lebih banyak dari cokelat yang digunakan, maka volume ganache akan lebih tipis yang mana biasa digunakan sebagai siraman cake.

Produk dairy berikutnya yang berhubungan dengan cokelat adalah keju. Untuk membuat filling, cokelat dan keju merupakan kombinasi yang pas. Di luar negeri, banyak dijumpai cokelat yang dikombinasi kandungan keju, namun di Indonesia, hal tersebut jarang ditemui. Mengenai komposisi cokelat dan keju juga tergantung pada selera orang itu sendiri. Jika ingin rasa keju yang dominan maka komposisi keju bisa lebih banyak ketimbang cokelat dan sebaliknya.

Demikian ulasan mengenai hubungan cokelat dengan produk dairy. Semoga bermanfaat :)

Illustration by Imam Saparisman and Murenk

Categories: