Masih di bawah bendera PT. Kopitiam Oey Indonesia,  tepatnya 22 Juni  2013 lalu, Bondan Winarno  membuka sebuah tempat asyik untuk menikmati teh, bernama Rumate. Nama Rumate merupakan turunan dari kata ‘Rumah Teh’ yang mana dibuat se-simple mungkin agar mudah diingat oleh masyarakat. Dari nama tersebut terlihat teh menjadi produk yang paling ditonjolkan dibanding dengan minuman lain. 
Masih menyimpan misi memajukan kuliner nusantara, Bondan memilih menggunakan teh asli Indonesia, sebut saja Teh Tarek Melaka, Teh Beras Merah, Teh Telur Bukittinggi, Teh Anti-Flu, Teh Blontank.  Selain itu, ada pula Teh Beras Merah yang terbuat dari beras merah yang disangrai hingga harum lalu diseduh sampai warnanya persis dengan teh dengan aroma yang khas. Ada pula Teh Rosella - Tajin yang terbuat dari air beras dengan tambahan bunga rosella.

Menurut pria yang akrab disapa Pak Bondan ini, masyarakat Indonesia bisa dibilang masih belum mengetahui cara meminum teh yang baik. Di Rumate, Bondan sekaligus mengedukasi masyarakat untuk meminum teh tanpa gula agar tidak menghilangkan rasa asli dari minuman itu sendiri. Menikmati teh kurang lengkap rasanya apabila tanpa makanan pendamping, Rumate pun menyediakan aneka kudapan seperti Nasi Ulam Betawi, Nasi Item Bantul, Rendang Bulek Payakumbuh, Nasi Tus-Tus Kawangkoan, Swedish Meatballs hingga Ketan Susu.  



Beralih ke interior, Rumate dikemas pada suasana tahun 1950-1970-an dengan pajangan aneka poster bintang film ternama seperti Marilyn Monroe, Audrey Hepburn, dan Brigitte Bardot. Untuk lebih mengesankan nostalgia, Rumate menggunakan kursi “khas” sutradara beserta nama-nama sutradara atau artis jaman dulu, seperti Tan Tjeng Bok, Turino Djunaedi, Ratmi B-29 dan diiringi dengan pemutaran soundtrack film jaman dulu.

Seperti halnya Kopi Oey yang menjadi melting pot, demikian juga Rumate, adik brand Kopi Oey diharapkan jadi melting pot, tempat kumpul yang asyik untuk minum teh. Sambil melestarikan kuliner nusantara, di Rumate ini, Pak Bondan juga mengajarkan kepada masyarakat mengenai cara menikmati teh yang benar.
Rumate
H. Agus Salim 18
Jakarta Pusat
021 3190 5904

Categories: