Premix yang kini sudah cukup populer di kalangan bakery. Bagaimana tidak? premix memiliki konsistensi rasa dan dapat mengurangi kegagalan karena membuat adonan lebih stabil. Dilihat dari segi efektifitas waktu, premix juga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengolahan produk karena tidak perlu lagi menimbang cukup menambahkan beberapa bahan tambahan. 

Penggunaan premix juga akan menghemat sumber daya manusia bahkan ibu rumah tangga sekalipun dapat menggunakannya. Saat ini beredar banyak jenis premix baik itu muffin, puding, roti manis, cake, martabak, dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai komposisi, premix mengandung bahan-bahan utama seperti tepung terigu, cake emulsifier, enzim, dan bahan tambahan lainnya. Enzim adalah salah satu bahan yang memberikan efek kue itu lebih segar saat dimakan dan membuat tekstur tetap lembut.
Premix terus berkembang karena dianggap mempunyai banyak keuntungan untuk industri bakery. Walaupun banyak isu yang berkembang di masyarakat mengenai tanggapan miring penggunaan premix. Namun tidak dapat dipungkiri premix mempunyai berbagai keunggulan terutama dalam skala produksi yang besar karena dengan menggunakan premix kemungkinan human error-nya lebih sedikit.
 Tips : “Cake yang menggunakan premix ketika sudah matang sebaiknya disimpan dalam sebuah wadah. Hal ini dilakukan untuk menjaga daya tahan cake tersebut, karena walaupun bagaimanapun juga cake jika terkena temperatur udara otomatis akan ada penguapan yang menyebabkan cake tersebut kering."

Categories: