Latte art atau seni menghias kopi dengan menggunakan susu bukan merupakan hal yang baru di dunia kopi. Latte art akan membuat tampilan secangkir kopi menjadi lebih istimewa. Sesuai dengan namanya, latte art lazim digunakan untuk membuat kopi dengan jenis latte. Hal ini disebabkan karena latte mengandung lebih banyak susu dibandingkan jenis kopi lain, seperti cappuccino misalnya. And that's why it called Latte art.

Teknik latte art terdiri dari dua macam, yaitu free pour latte art atau teknik yang dilakukan dengan menuang susu di atas espresso serta etching  atau teknik menggambar pola di atas espresso dengan alat seperti tusuk gigi. Teknik free pour latte art membutuhkan kecepatan tangan agar menghasilkan motif yang dihasilkan sempurna sedangkan etching memerlukan keterampilan menggambar layaknya melukis di atas kanvas.

Tahapan latte art hampir sama dengan membuat kopi pada umumnya. Mula-mula biji kopi digiling hingga menjadi bubuk. Bersamaan dengan menggiling biji kopi, tahapan lain adalah menguapkan susu atau istilahnya 'steam'. Sebaiknya susu di steam pada temperaturnya 70oC saja agar molekul yang terkandung di dalam susu tidak pecah dan  menimbulkan gelembung udara yang tidak rata.


Happy drinking :)

Categories: