Tidak dapat dipungkiri warna-warna cantik akan mempengaruhi tampilan sebuah cake. Terbukti tahun lalu Red Velvet dan rekannya Rainbow Cake mampu menguasai pasar global cake di Indonesia. Selain demi untuk penampilan, memang pertimbangan orang untuk membeli sebuah cake bermula dari tampilan sebelum mencoba rasa. Pewarna sudah jadi bahan yang umum digunakan untuk pembuatan pastry. Bahkan di hotel pun, banyak chef yang memanfaatkan pewarna sebagai daya tarik untuk produk-produk buatannya.

Fenomena ini menggunggah saya untuk memberikan informasi akan pewarna sebagai bahan pembuat cake. Dipasaran, dapat kita temui  bentuk dari pewarna yaitu liquid atau cair. Pewarna dengan wujud liquid dapat diaplikasikan dengan berbagai makanan, seperti cokelat, roti, dan cake. Saat ini beredar pewarna yang alami dan buatan. Untuk pewarna alami biasanya dibuat dari buah atau tumbuh-tumbuhan. 

Jika dilihat dari sejarahnya, asal muasal pewarna di Indonesia justru terbuat dari daun pandan dan suji yang menghasilkan warna hijau setelah itu baru dikembangkan pewarna alami yang lain. Untuk menghasilkan warna kuning bisa didapatkan dari buah lemon sedangkan warna merah dapat dibuat dari buah strawberry dan buah bit. Sedangkan untuk pewarna buatan terbuat dari bahan alami yang diproses sehingga dapat dikemas dalam jangka panjang.

Harga pewarna food grade terbilang mahal tetapi ini berpengaruh besar terhadap kesehatan. Intinya cake yang mahal itu pasti menggunakan pewarna yang food grade. Itulah mengapa beberapa bakery menyediakan cake pewarna dengan harga tinggi. Melihat banyak beredar pewarna yang disinyalir berasal dari pewarna tekstil, tentunya kita harus jeli memilih pewarna yang benar-benar food grade sehingga aman dikonsumsi. Perancis dan Amerika adalah negara penghasil pewarna food grade yang paling banyak dicari.

 "Walaupun menggunakan pewarna food grade ada baiknya kita jangan terlalu sering mengkonsumsi cake dengan pewarna"

Pewarna selain mengeluarkan warna dan aroma juga seakan mengeluarkan rasa. Rasa itu muncul karena dalam pewarna biasanya ditambahkan vanilla stick sebagai perasa atau bisa juga dengan menggunakan pewarna alami, misalnya Strawberry Mousse dengan menggunakan buah strawberry yang diblender sehingga menghasilkan warna, aroma, dan rasa untuk mousse.

Categories: