Kuliner di Bandung seakan tidak pernah sepi dari kuliner. Lihat saja, bakery, resto, kafe, bar yang tumbuh pesat di kota Kembang ini. Salah satu resto yang mencoba peruntungannya di Bandung adalah Herb and Spice, yang mengusung konsep tempat nongkrong. Herb and Spice dibuat untuk melengkapi bakery di lantai satu yang mana sudah tidak asing lagi sebagai tempat oleh-oleh yaitu Primarasa. Pemberian nama Herb and Spice diangkat dari basic makanan itu sendiri yang banyak bermain dengan bumbu dan rempah-rempah. Hal tersebut makin dipertegas dengan display bumbu dan rempah-rempah sebagai penunjang dekorasi. Herb and Spice terbagi atas tiga ruangan, indoor untuk suasana yang lebih formal, outdoor untuk smoking area, dan bar area untuk sekedar bersantai. 

Berbeda dengan Jakarta yang masyarakatnya berani menghabiskan uang lebih untuk memperoleh makanan berkualitas, daya beli warga Bandung dinilai tidak seekstrim demikian. Oleh karena itu, harga makanan yang ditawarkan oleh Herb and Spice lebih terjangkau namun tetap mengutamakan kualitas. Hal tersebut dilakukan agar pengunjung tidak hanya sekedar datang untuk mencicipi tanpa kembali lagi.

Bumbu-Bumbu yang Digunakan
Hampir sebagian besar bumbu yang digunakan di herb and Spice berasal dari Indonesia. Terdapat klasifikasi  bumbu berdasarkan bahan dasar makanan yang digunakan seperti untuk menu western biasanya menggunakan garlic, onion, rosemary, tarragon, dan origano. Sedangkan untuk masakan Indonesia bawang sudah pasti tak terlewatkan.

Bumbu dan rempah-rempah dapat memberikan rasa yang unik. Namun bau dari rempah-rempah ternyata bergantung dari pengolahannya, dry dan fresh herb yang masing-masing memiliki karakteristiknya. Biasanya dry lebih tahan lama tetapi aromanya tidak sekuat fresh. Dari segi rasa, fresh tetap memiliki rasa yang alami karena pada proses dry rempah-rempah sudah dikeringkan sehingga rasanya memudar.

Menu Favorit di Herb and Spice
Pizza termasuk salah satu makanan yang paling digemari di Herb and Spice. Dengan tekstur di bagian luar yang kering tapi pada bagian dalam masih ada rasa dari roti itu sendiri yang lembut. Pollo Pesto merupakan menu baru yang langsung digemari oleh pengunjung Herb and Spice. Pizza ini terbuat dari pesto sauce, jamur, grill chicken, dan keju mozzarella yang menggunakan campuran basil, oregano, dan parsley. Ada pula Meat Lover yang terbuat dari tomato sauce, beef bacon, grill chicken, beef barberque, dan keju mozzarella, yang menggunakan campuran oregano dan parsley.


Selain pizza, ada pula Brioche Salmon Grill yang merupakan menu unik dari Herb and Spice. Brioche merupakan roti soft yang di toast sehingga bagian luarnya kering dan di dalam teksturnya lembut. Roti tersebut kemudian ditambahkan dengan grill salmon yang dipadukan dengan mix papper corn, lemon butter sauce, parsley, dan French fries sehingga ketika dimakan ada rasa asam yang berasal dari lemon butter sauce tersebut.

Beralih ke minuman, beberapa menu seperti Virgin Mojito dan Bleu Macadamia banyak diincar oleh para pengunjung. Mojito basicnya ada lime, mint, dan soda sebagai pengganti alkohol. Sedangkan Bleu Macadamia, sesuai dengan namanya, terdapat rasa kacang macadamia serta campuran buah-buahan yang membuat rasanya semakin unik.



Herb and Spice
Jl. HOS Cokroaminoto No.163
Bandung
022 612 0177

Photo Courtesy of Edwin Pangestu

Categories: