Udon khas Jepang dibuat dari tepung terigu sehingga memiliki daya kenyal yang baik. Di Jepang, udon dibuat layaknya tradisi dan juga proses keagamaan sehingga sangat sakral. Bahkan Chef di Jepang dianggap sebagai dewa dan sangat dihormati. Udon dikenal sebagai makanan pokok di Jepang yang mudah diserap di pencernaan. Biasanya, orang Jepang mengkonsumsi udon sebagai penghangat tubuh sebekum tidur. 

Memiliki tingkat glisemik yang rendah, serta rendah kalori dan rendah kolesterol sehingga lebih sehat dibanding dengan ramen, soba, dan pasta. Saat ini udon hadir lebih moderen, tidak lagi dibuat seperti proses keagamaan namun bisa dinikmati secara luas. Sebagai pendamping, udon biasanya dinikmati dengan dashi atau kaldu Jepang yang berbahan dasar ikan cakalang. Ada pula yang menambahkan kremes tempura, kuah kari, dan berbagai  jenis tempura yang dibuat dari sayuran, mentai atau telur ikan yang bisa dikonsumsi panas atau dingin.

Melihat pesaingnya, ramen yang dikenal dengan kuahnya yang kental dan tinggi lemak jenuh, udon lebih menonjolkan akan konsep sehat dan fresh sehingga akan ada dua pangsa pasar yang berbeda di dalamnya. Tahun ini, masuk restoran udon pertama di Indonesia, itu artinya tidak lama lagi pasti akan hadir penggemar fanatik udon di Indonesia.

Categories: