Zaman dulu sebelum ada ragi orang membuat roti menggunakan apa?

Sebelum ada ragi, orang dulu membuat roti dengan menggunakan teknik sourdough. Metode kuno untuk membuat roti ini kira-kira ditemukan 4000 tahun yang lalu sebelum masehi. Sourdough atau yang sering disebut dengan natural yeast digunakan sampai pertengahan 1800 atau tepatnya sampai Louis Pasteur menemukan ragi instan.

Apa saja jenis teknik sourdough yang berkembang di masyarakat?

Ada dua tipe sourdough yang sering digunakan yaitu pre ferments atau sourdough dengan penambahan yeast yang disebut poolish di Perancis dan Biga untuk di Italia. Juga ada Sours atau ragi alami yaitu tanpa penambahan yeast, biasanya menggunakan istilah levain di Perancis dan Lau Mien di Cina dan Italian Mother Sour di Italia.



Bagaimana proses pembuatan sourdough?
Proses pembuatan sourdough terbilang cukup panjang. Bahan-bahan seperti bread flour, kulit gandum, dan air  menjadi bahan pokok dalam pembuatan sourdough dengan perbandingan 1:1:1. Setiap 6 jam sourdough harus diberi makan bread flour atau tepung terigu protein tinggi. Setelah dua minggu dan membentuk aroma asam, barulah sourdough siap digunakan.

Ada aturan yang diterapkan untuk pemberian makan sourdough dengan konsistensi 1 hingga 3 kali sehari. Jika hanya 1 kali, porsi makannya harus lebih banyak atau dua kalinya. Setelah itu sourdough harus dimasukkan ke dalam chiller. Tetapi jika pemberian makannya 2-3 kali dalam sehari sourdough bisa disimpan di udara luar. Sourdough berisi  bakteri yang cukup sehat, dengan nama lactobacillus, semacam jenis bakteri dan ragi yang tercampur sehingga dapat mengembang dengan baik.


Apa keuntungan hasil roti dengan menggunakan teknik sourdough?
Keunggulan roti dengan menggunakan sourdough dapat dilihat dari segi keefisienan waktu pembuatan roti. Dengan menggunakan sourdough pengadukan adonan roti akan lebih cepat karena ragi sudah terdapat dalam 'starter', sehingga ketika proses mixing sourdough tidak perlu menggunakan ragi lagi. Selain itu, fermentasi pengembangan pertama lebih cepat karena sudah ada sebagian ragi yang aktif serta final proofing juga lebih cepat.




Categories: