Pecinta sushi pasti tidak pernah melewatkan menu yang satu ini. Yap, sashimi! Salmon adalah bahan wajib yang harus ada di restoran sushi. Tapi apakah Anda tahu bagaimana kondisi salmon yang masih fresh dan baik dikonsumsi? Sekedar info, salmon yang baru datang memang terlihat lebih fresh, tapi sebenarnya tidak boleh langsung dimakan. Setelah dipotong, salmon harus dibekukan pada suhu -20oC selama 1x24 jam untuk membunuh bakteri. Jika disimpan di dalam lemari pendingin, salmon mampu bertahan hingga 2 minggu.

Banyak orang yang salah kaprah dan mengalami kesulitan dalam menentukan kesegaran daging ikan salmon. Jangan melihat kesegaran daging dari warna! Rata-rata orang berasumsi semakin merah warna daging salmon, maka daging tersebut akan semakin fresh. Padahal warna merah tersebut terkadang didapat dari pewarna tambahan.


Cara terbaik untuk mengecek kesegaran daging ikan salmon adalah dari aroma dan tekstur. Daging yang segar tidak berbau amis dan teksturnya lebih kenyal sehingga bisa dirasakan melalui sentuhan tangan. Jadi sarannya adalah olah daging salmon dengan tangan yang bersih agar tetap higienis. 

Categories: