Menurut proses produksinya, teh terbagi atas tiga jenis yaitu Green Tea, Black Tea, dan Oolong Tea. Perbedaannya terletak pada proses fermentasi daun teh, Green Tea diproses tanpa fermentasi sehingga berwarna hijau, Black Tea diproses secara fermentasi penuh sehingga warnanya lebih hitam sedangkan Oolong Tea diproses semi fermentasi sehingga warnanya kuning keemasan. Oolung Tea memang belum banyak dikenal oleh masyarakat seperti layaknya Green Tea dan Black Tea di Indonesia. Namun, Oolong Tea mempunyai rasa yang unik serta mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

Teh Jawa Oolung

Oolung Tea yang diproduksi oleh teh 63 diberi nama Teh Jawa Oolung karena ternyata pulau Jawa dapat menghasilkan Teh Oolong yang sebelumnya populer di daerah Cina, Taiwan, dan Jepang. Daun Teh Oolung diambil dari tiga pucuk daun teratas yang dipetik sesuai dengan waktu petik, artinya tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. 

Produk Teh Jawa Oolong ini alami tanpa bahan pengawet dan dibungkus dalam kemasan kedap udara sehingga dapat mempertahankan kualitas teh. Ada tiga rasa Teh Jawa Oolung yang diproduksi oleh Teh 63, yaitu natural, mawar, dan melati. Perbedaan terletak pada penambahan bunga di dalam kemasan untuk jenis melati dan mawar yang berfungsi sebagai pemberi aroma. 

Tips menyeduh daun teh: 1. Perhatikan takaran, untuk 300 cc air diperlukan satu sendok makan daun teh2. Jangan merendam teh terlalu lama, cukup 2-3 menit3. Minum teh dalam keadaan hangat agar rasa tetap terjaga.

Teh Oolung dan Kesehatan
Mengigat Teh Oolung  diambil dari tiga pucuk daun teratas, maka teh ini memiliki kandungan antioksidannya yang tinggi. Bahkan kandungan antioksidan di dalam teh ini 100 kali lebih besar dari vitamin C dan 25 kali dari vitamin E. Antioksidan berkhasiat untuk mencegah oksidasi dalam darah sehingga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan melancarkan pembuluh darah. Mengkonsumsi teh juga dapat merelaksasi pikiran, karena di dalam teh terkandung aroma yang yang dapat menimbulkan efek segar dan dapat membuat penikmatnya jauh dari stres.

"Disarankan sebelum meminum teh perut tidak dalam keadaan kosong karena fungsi teh lainnya adalah untuk melancarkan pencernaan"

Teh 63 dapat ditemui di berbagai mall di Jakarta, seperti Central Park, Mall Taman Anggrek, Plaza Indonesia, Plaza Senayan, Pacific Place, dan Pluit Village.

www.teh63.com
Photo Courtesy of Murenk

Categories: