Umumnya cokelat terbagi atas dua jenis, yaitu real chocolate atau yang dikenal dengan cokelat couverture dan cokelat compound. Perbedaan dua cokelat tersebut terletak pada kadar cocoa butternya. Syarat cokelat agar disebut couverture harus mengandung 32%-39% cocoa butter.

Sedangkan cokelat compound di beberapa negara tidak bisa disebut sebagai cokelat karena compound terbuat dari Cocoa Butter Substitute (CBS) atau Cocoa Butter Replacer (CBR). Kedua bahan ini merupakan bahan pengganti cocoa butter yang bisa dihasilkan dari biji bunga matahari, kacang kedelai, atau minyak kelapa sawit tergantung dari seberapa rendah biaya yang diharapkan.

Cara membedakannya kedua cokelat ini mudah, ketika cokelat menempel di lidah dan meleleh di mulut itu dinamakan couverture karena cokelat premium ini akan meleleh di atas suhu badan manusia. Sedangkan compound baru akan meleleh di atas suhu badan manusia atau sekitar 34 derajat celcius sehingga compound lebih tahan di iklim tropis.Untuk itulah, cokelat compound banyak digunakan untuk dekorasi seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Categories: