Seolah tidak puas dengan pencapaiannya sekarang, McDonalds terus melakukan inovasi demi memuaskan para pelanggannya. Salah satu brand fast food ini memperkenalkan konsep kafe dengan nama McCafe sejak tahun 2007. Saat ini McCafe sudah tersebar sebanyak 13 outlet di seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bali, Surabaya, dan Tegal.

McCafe adalah alternatif lain bagi pengunjung yang ingin sekedar menikmati kopi dengan atmosfer yang nyaman. Konsep McCafe sendiri lebih kepada complementary dari McDonalds di mana ada McCafe di sana selalu ada McDonalds. Meskipun brand McDonalds berasal dari Amerika, konsep McCafe malah tercetus di Melbourne, Australia. Mengingat minum kopi sudah menjadi bagian dari budaya orang Australia.

Secara umum, menu yang disediakan di McCafe Australia dan Indonesia cenderung sama, namun selera masyarakatlah yang membedakan menu favorit di kedua negara ini. Berbeda dengan masyarakat Australia yang menjadi penggemar berat kopi melalui menu-menu pilihan seperti black coffee, terutama espresso, masyarakat Indonesia menyukai kopi yang tidak terlalu pekat. “Jika dilihat dari menu favorit seperti Choco Frappe dan Hot Capuccino, tampaknya mayoritas masyarakat Indonesia menyukai rasa yang lebih light,” jelas Danthy.

Berbicara mengenai biji kopi, McCafe menggunakan biji kopi berjenis arabika sesuai dengan standar McCafe di seluruh dunia. Hal ini untuk menjaga kualitas kopi sesuai dengan aturan McDonalds secara global. Nilai lebih lain yang diberikan McCafe selain atmosfer yang nyaman dan kopi berkualitas adalah harganya yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 10.000 – Rp 25.000.

Pendamping Kopi
McCafe juga menyediakan menu cake sebagai teman minum kopi. Terdapat dua menu cake yang menjadi andalan yaitu Strawberry Cake dan Tiramisu Cake. Kedua produk ini menjadi andalan di McCafe karena telah dikenal oleh masyarakat luas sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Pemberian nilai tambah merupakan salah satu cara paling efektif bagi sebuah brand untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya. Setelah sukses dengan konsep 24 jam, delivery, dan drive-through, McDonalds kembali melengkapi pelayanannya dengan menyajikan McCafe untuk memberikan alternatif bagi pelanggan yang ingin sekedar hang out tanpa terikat oleh waktu.

www.mcdonalds.co.id
Photo Courtesy of Murenk

Categories: