Selain terkenal dengan rasa yang lezat, martabak juga menjadi cemilan yang mengenyangkan yang biasa disuguhkan di tengah -tengah keluarga. Merasa penasaran dengan resep makanan asli Indonesia ini, saya pun berbincang hangat dengan para penjua lmartabak di wilayah Bekasi. Dengan logat khasnya mereka membagikan rahasianya kepada saya.

Bahan-bahan pembuat martabak tidaklah sulit dan mudah ditemui di toko bahan kue. Untuk bahan kulit meliputi tepung terigu protein sedang, baking powder,telur, gula pasir, vanili bubuk, air, dan garam. Semua bahan tersebut diaduk menjadi satu dan didiamkan selama 40 menit hingga 1 jam lamanya. Setalah adonan didiamkan, panaskan wajan anti lengket dan oles sedikit dengan permukaan wahan margarin. Tuang adonan ke dalam wajan kemudian ratakan, tunggu hingga timbul gelembung kemudian tutup. Biarkan hingga 5 menit lalu angkat adonan.

Bagian kulit martabak diolesi dengan margarin guna menambah kelezatan. Martabak manis ini dapat ditaburi dengan bermacam-macam isi, mulai dari cokelat meises, keju, kacang, wijen, atau bahkan dikombinasikan sesuai dengan selera kita.

Terakhir, lipat martabak dan potong menjadi beberapa bagian untuk disajikan. Rasa kesukaan saya sih kombinasi keju dan cokelat. Bagaimana dengan Anda?


"Bisnis martabak ternyata sangat menjanjikan. Banyak dari para penjual martabak yang bertahun-tahun menggantungkan hidupnya dari bisnis ini dan sukses! Bahkan, saking banyaknya penjual martabak, ada sebuah paguyuban di setiap daerah yang menaunginya"

Categories: