Berganti nama jadi Kopi Oey, Bondan Winarno sebagai pencetus kedai kopi yang dulu bernama Kopitiam Oey ini tetap mengusung tema yang sama, “tempo doeloe”. Alasan sudah terlalu banyaknya kafe dengan nuansa modern menjadi faktor kuat pemilihan tema tersebut. Dilihat dari interior, Kopi Oey berkiblat pada konsep Cina Peranakan dengan banyaknya lukisan Vietnam dengan sentuhan warna merah.

Keunggulan kedai kopi yang didirikan pada tahun 2009 ini, terletak pada harganya yang terjangkau sesuai dengan slogannya “Kopi dengan Harga Jujur”. Kecintaan sang pemilik terhadap produk lokal berpengaruh pada penggunaan biji kopi yang dipakai di Kopi Oey. Masuk ke menu, kopi yang menjadi andalan di Kopi Oey bernama Wiener Melange, yaitu kopi espresso kental yang disajikan bersama dengan es krim Vanila serta whipped cream dan biskuit kletskoppen (biskuit yang berasal dari Belanda) pada bagian atasnya. 


Di samping menu kopi, Kopi Oey juga menyediakan berbagai menu lain, seperti Koffie Soesoe Indotjina, Teh Tarek Semenandjoeng, Chai Atawa Teh Boemboe India, dan Teh Djahe Salatiga. Untuk siang hari yang menjadi primadona di Kopi Oey adalah Milo Dinosaurus, yaitu susu dingin yang diberi whipped cream dan sirup strawberry pada bagian atas. Ada pula Wedang Oewoeh Imogiri yang terdiri dari rempah-rempah, seperti  jahe, cengkeh, kayu manis, dan kayu secang. Minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi pada siang hari karena rasanya yang pedas.

Beralih ke menu makanan, yang paling favorit adalah Sego Ireng, yaitu nasi komplit yang berwarna hitam dengan serundeng dan ayam iris. Bagi yang ingin makanan ringan, tersedia French Toast, yaitu roti tawar yang dicampur bersama fresh milk dan telur, kemudian di toast dan disiram dengan maple sirup. Di siang hari, menu makanan yang paling banyak dipesan adalah Soto Tangkar dan Nasi Briyani.

Walaupun berstatus kedai kopi, 
Kopi Oey tetap mengutamakan pelayanan

Saat ini, terdapat lebih dari 14 cabang Kopi Oey di Indonesia, baik di kota Jakarta Jogja, Solo, Makassar, dan Surabaya.


Kopi Oey
www.kopioey.com

Photo Courtesy of Dendy Indra

Categories: