Penyuka makanan India wajib mampir ke sebuah resto yang terletak di Menteng, tepatnya di Jalan Kusuma Atmaja, Hazara. Tampak depan restoran ini sedikit terkesan tertutup karena konsep restoran ini lebih mengusung konsep unik dan antik. Jika ditelaah, Hazara berarti antik, sangat tua, atau ribuan tahun lamanya.


Memasuki Hazara, pengunjung akan disuguhkan dengan interior India Kuno dengan furniture dan hiasan yang langsung diimpor dari India. Warna klasik dan suasana nyaman, coba ditawarkan sehingga sangat cocok dinimati di malam hari dan menciptakan suasana yang romantis. Untuk menambah kekentalan suasana India, Hazara memainkan lagu tradisional dari India.

Special Indian Food
Bukan hanya ruangan, buku menu pun di desain seantik mungkin dengan segelintir cerita tentang Hazara. Sekitar 60 menu yang tersedia di Hazara, meliputi dessert, vegetables, seafood, lamb, paultry, appetizers, soup, snack, beverage, dan minuman. Untuk mempermudah, buku menu diklasifikasikan menurut katagori dari masing-masing agar pengunjung tidak membuang-buang waktu dalam memilih pesanan.

India terkenal akan daging kambing, begitu pula dengan Hazara. Menu daging kambing Hazara dibuat dengan resep tradisional India, antara lain Rogan Josh, yaitu potongan tender lamb yang disajikan dengan onion sauce. Spesial menu daging kambing yang hanya terdapat di Hazara, yaitu Raan E Hazara yakni kaki  domba yang masih kecil yang direndam dengan kapulaga dan campuran rempah-rempah India lalu dimasak dengan di dalam tandoor.

Selain daging kambing, kari juga menjadi ciri khas makanan India. Di Hazara, terdapat tiga jenis kari yaitu little bit spicy, yaitu korma, kari agak pedas atau medium curries, dan kari pedas atau spicy curries. Dessert populer yang dimiliki Hazara tidak jauh berbeda dengan di negara kiblatnya, seperti Kulfi, es krim tradisional dari India yang terbuat dari fresh milk dan kacang sehingga menyehatkan. Dessert lain yang bisa jadi pilihan adalah Rice Pudding yaitu tradisional pudding asal India yang dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin, terdiri dari kacang dan kismis.


Pilihan lain ada Gulab Jamun yaitu susu karamel yang dicampurkan kacang pistachio dan biji kapulaga. Sedangkan untuk minuman favorit Hazara adalah Masala Tea yang akan menimbulkan rasa hangat dan nyaman seusai meminumnya.

Selain Hazara, terdapat pula restoran yang berada dalam satu tempat yaitu Lan Na Thai (restoran khusus masakan Thailand) dan Face Bar. Jadi, pengunjung bisa menempati area dimana pun mereka suka. Tertarik?

Hazara Resto
Jl Prof DR Kusumaatmaja SH 85
Jakarta
021 3192 5037


Photo Courtesy of Edwin Pangestu

Categories: