Lapisan dan legit. Itulah kata yang tepat untuk melambangkan kue berbahan dasar telur dan tepung terigu dengan aroma bumbu yang harum serta rasa yang legit. Di Bogor, ada satu tempat khusus menjual Lapis Legit yang sudah terkenal, Capulaga. Nama Capulaga sendiri terinspirasi dari salah satu jenis rempah-rempah yang dipakai untuk campuran bumbu spekkoek (bumbu yang biasa digunakan untuk membuat lapis legit).


Terdiri dari beberapa variasi rasa, diantaranya Prunes, Almond, Keju, Cokelat, Cherry, Original, dan Talas. Dari semua variasi rasa itu, lapis legit Prunes yang paling banyak digemari karena lapis legit ini menggunakan banyak bumbu dalam proses pembuatannya. (Prunes adalah sejenis berry yang dikeringkan seperti kismis dan rasanya lebih asam dari kismis).


Untuk kemasan, Lapis legit diawetkan secara fisik tanpa bahan kimia dengan cara menggunakan plastik vakum dan penyerap oksigen agar tidak ada udara di dalam lapis legit. Dengan menggunakan metode tersebut, Lapis Legit dapat bertahan hingga 3 bulan, sedangkan lapis legit tanpa perlakuan khusus hanya dapat bertahan 3 minggu saja.

Selain menjaga kualitas rasa lapis legitnya, Capulaga juga dilengkapi dengan sertifikat halal dan melakukan uji laboraturium yang menghitung lama umur simpan. Uji laboraturium ini bisa meningkatkan rasa aman bagi pembeli terutama mereka yang menjadikan Lapis Legit ini sebagai oleh-oleh.

Perbedaan lapis legit di Capulaga dengan yang lain adalah dari segi tekstur lebih kenyal dan lembut. Bagi pembaca yang ingin menikmati Lapis Legit asli Indonesia dengan kualitas rasa jempolan ala Capulaga, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp.350.000. 

Capulaga
Jl May Oking Jayaatmaja 9, Cibogor
Bogor
0251 328 946

Photo Courtesy of by Murenk

Categories: